HousingEstate, Jakarta - Pembangunan rumah susun sewa yang digulirkan di kota-kota besar khususnya Jakarta menarik minat instansi di daerah. Salah satunya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Dareh di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. Rumah sakit tersebut minta dibangunkan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) untuk para pegawai, dokter, dan keluarga pasien.

Menurut Direktur RSUD Sungai Dareh, Armayani Rusli, pihaknya telah menyiapkan lahan seluas 10 ha.  “Para perawat dan dokter kami jumlahnya sekitar 380 orang. Sebagian besar tinggal jauh dari rumah sakit yang berlokasi di jalan lintas Sumatera Km.2. Sebagian mengontrak di sekitar RSUD,” ujar Armayani di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) Jakarta, Kamis (11/6).

Armayani meminta bantuan Kemenpupera agar pembangunan rusunawa tersebut dapat diwujudkan. Ia menjelaskan, selain karyawan RSUD pihaknya juga  perlu memperhatikan keluarga pasien yang dirawat. Untuk menghemat biaya banyak di antara mereka menginap di selasar rumah sakit dan di bangunan non permanen di sekitar rumah sakit. Hal ini mengganggu ketertiban dan kenyamanan rumah sakit. Kalau ada rusunawa mereka bisa menginap di sana.

“Kami banyak menerima pasien dari luar kota karena rumah sakit ini merupakan rujukan. Kami sudah menyiapkan beberapa gazebo dan bangunan non permanen untuk keluarga pasien, tapi kondisinya sangat tidak layak,” imbuhnya.