HousingEstate, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) membangun rumah susun sederhana sewa (rusunami) terpadu di atas lahan milik KAI. Pada  tahap awal akan dibangun rusunawa di tiga lokasi, yaitu di Stasiun Kampung Bandan, Stasiun Tanah Abang, dan Stasiun Manggarai.

Menurut Kepala Bidang Pelayanan Hukum Pemprov DKI Jakarta, Solafide Sihite, konsep kerja sama itu lahan tetap menjadi milik KAI sementara bangunannya milik pemprov. “Jadi, kami yang membangun rusunawa dan itu menjadi milik kami, tapi lahannya juga tetap milik KAI,” ujar Solafide di Balaikota, Jakarta, Jumat (12/6).

Pemprov DKI dan KAI  bersepakat untuk menyelesaikann permasalahan ibukota khususnya seputar hunian secara bersama-sama. Bila ada sengketa lahan Pemprov tidak akan ikut terlibat tapi diselesaikan oleh KAI. Karena itu  saat dilakukan pembangunan lahannya dipastikan sudah clear dan tidak ada sengketa.

“Selain dibangun rusunawa, kerja sama juga meliputi penataan kawasan di sepanjang rel, seperti pembuatan taman dan jalur hijau. Ini untuk menambah ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta. Gubernur Ahok (Basuki Tjahaja Purnama) juga sudah meninjau lahan seluas 3,2 ha di Kampung Bandang yang akan dibangun rusunawa,” imbuhnya.