HousingEstate, Jakarta - Bintaro Jaya (2.300 ha), Pondok Aren, Tangerang Selatan,  masih menjadi kiblat hunian kalangan menengah dan menengah atas di selatan Jakarta. Akses bagus, fasilitas lengkap, dan mayoritas rumahnya ditempati (bukan dibeli investor) menjadi daya tarik. Tapi sejalan dengan makin komplitnya fasilitas harga rumahnya juga semakin melangit. Rumah dua lantai tipe 98/90 harganya mencapai lebih dari dua miliar, tepatnya Rp2,1 miliar.

Bagi sebagian orang harga tersebut mungkin terlampau tinggi. Maksud hati ingin tinggal di Bintaro tapi isi kantongnya belum mendukung. Jika demikian perhatian sebaiknya dialihkan ke perumahan sekitar Bintaro. Rasa Bintaro masih dapat, tapi harganya jauh lebih ekonomis. Di Jl Aria Putra, misalnya, ada perumahan Green Hills yang harga rumahnya hanya setengahnya Bintaro Jaya.

Padahal lokasinya cukup dekat sekitar 15 menit dari Bintaro. Menuju Bintaro Jaya yang dilengkapi mal, rumah sakit, hypermarket, sekolah internasional, dan pasar modern melalui Jl Aria Putra – Jl Merpati – Jl Cenderawasih. Perumahan dari PT Griya Multi Swadaya itu melansir tipe 103/112 seharga Rp1,03 miliar. Bila ditambah PPN menjadi Rp1,1 miliar. Ada juga tipe 45/90 dan 122/128 masing-masing seharga Rp621 juta dan Rp1,19 miliar.

Perumahan ini sudah menyelesaikan pembangunan dua cluster dan sudah dihuni. Selain melalui jalan tol (Serpong – Pondok Pinang) menuju  Jakarta bias menggunakan kereta dari Stasiun Sudimara dan Jurangmangu di dekat Bintaro XChange Mall.

Beberapa perumahan lain di Jl Ki Hajar Dewantoro, akses dari Bintaro Jaya ke Ciputat, harganya juga lebih terjangkau. Panorama Bintaro memasarkan tipe 90/84 Rp1,09 miliar. Sedangkan Chiku Garden Bintaro di dekatnya melansir tipe 88/84 Rp1,1 miliar (cash). Masih ada Harvest Bintaro di Jl Merpati, harganya sedikit lebih tinggi tapi masih di bawah Bintaro. Tipe 104/92 Rp1,3 miliar.