HousingEstate, Jakarta - Kawasan sekitar kampus perguruan tinggi bergengsi mendapat perhatian kalangan pengembang. Mereka membidik konsumen dengan menawarkan properti investasi berupa apartemen kost (aparkost). Salah satunya dekat kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) yang disebut The Aparkost IPB Bogor.

The Aparkost  dibangun di Jalan Serelek, Cikarawang, Dramaga, Bogor, sekitar 300 meter dari gerbang belakang Kampus IPB.  Tempat kost ini mencakup 5 gedung (tower) setinggi empat lantai. Setiap tower terdiri 400 unit kamar yang dapat dibeli per unit  dengan kondisi fully furnished.

“Tempat kost ini dijual per kamar dan seluruhnya siap disewakan. Pemilik tidak perlu pusing mencari penyewa karena semua unit akan kami kelola dengan fee hanya 3 persen dari biaya sewa per kamar,” ujar Aida, staf pemasaran The Aparkost, kepada housing-estate.com di Bogor, Selasa (10/5).

Seperti apartemen pada umumnya, The Aparkost statusnya hak milik strata title. Lahannya yang menjadi milik bersama statusnya HGB. Ukuran kamarnya mulai 2,5×4 meter lengkap dengan tempat tidur, lemari, set meja-kursi, kamar mandi, wastafel, dan dapur mini. Harga per unitnya mulai Rp72 juta dengan harga sewa Rp500 – 600 ribu per bulan tergantung fasilitas tambahan yang disediakan seperti akses internet, AC, komputer, dan lainnya. Biaya sewa ini setiap tahun akan naik sekitar 10 persen. Pemilik tidak bisa menentukan tarif sewa semaunya karena seluruhnya diatur pihak manajemen untuk menjaga harga sewa di pasaran.

“Potensi pasarnya sangat besar karena IPB punya 30 ribu mahasiswa, setiap tahun ada penambahan empat ribu mahasiswa baru.  Pada tahun ke empat atau lima investasi konsumen sudah break even point (BEP),” imbuhnya. Yudis