Grand Taruma Sudah Bangun Lebih 1.000 Rumah

Grand Taruma Karawang (48 ha) yang dikembangkan PT Pesona Gerbang Karawang (Agung Podomoro Land/APL Group) mendapat respon pasar cukup bagus. Sejak dipasarkan tahun 2011 sudah terjual lebih dari 90 persen. Dari 1.424 unit yang dipasarkan, 1.307 unit di antaranya sudah terjual.
“1.077 unit sudah serah terima, ini bukti kami berhasil mengembangkan kawasan yang tadinya dianggap hanya cocok untuk kawasan industri,” ujar Le Rina, Senior Marketing Manager Grand Taruma, kepada pers di Jakarta, pekan lalu.
Keberhasilan itu tidak lepas dari konsep pengembangan yang ditawarkan. Selain hunian Grand Taruma dilengkapi area komersial dan lifestyle center berupa food area dan water park. Kedua fasilitas itu dibangun di area seluas 2 ha dan 2,4 ha. Water park tersebut diklaim yang terbesar di Karawang. Area komersialnya berupa ruko (Dharmawangsa I-III dan Widjaya) yang dibangun di bagian depan perumahan.
Rina mengatakan nilai properti yang dikembangkan terus mengalami peningkatan signifikan. Selain lokasinya dekat gerbang tol Karawang Barat di ruas tol Jakarta-Cikampek, kawasan Karawang Barat juga tumbuh pesat. Di kawasan sekitarnya terdapat beberapa kawasan industri yang menampung perusahaan industri nasional dan multinasional. Di sepanjang Jl Arteri Tarumanegara tumbuh hotel, kuliner, ruko, apartemen, dan mal. Kendati belum semahal Cikarang, Bekasi, harga tanahnya sudah naik berlipat. Oleh pengembangnya tanah Grand Taruma saat ini dihargai Rp8-9 juta/m2.