HousingEstate, Jakarta - Belakangan ini tawaran produk rumah yang bisa dibangun secara cepat makin banyak. Tapi, rumah yang diberi label “Rumah M.A “ ini unik. Tidak saja bisa dibangun dengan cepat, cukup dalam tempo enam jam, packaging-nya juga mudah karena berupa modul lipat. Rumah didesain arsitek asal Italia Renato Vidal dan diproduksi perusahaan wood prefabicated Area Legno, juga di Italia.

Dirancang dengan struktur tahan gempa, rumah ini disebut-sebut juga ramah lingkungan. Hemat energi, karena dilengkapi jaringan listrik berlampu LED dan bisa ditambahkan panel surya, serta sistem pembuangan air bekas khusus. Sudah dilengkapi sistem perpipaan air bersih, dinding dan lantainya terbuat dari kayu prefrabicated, sementara rangkanya berbahan baja ringan dan PVC.

Kamar tidur berdesain attic. (Foto: inhabitat)

Kamar tidur berdesain attic. (Foto: inhabitat)

Proses mendirikannya tak menyisakan sampah, karena tinggal dibuka saja lipatannya dan sudah tersedia sistem penguncian khusus. Juga tidak dibutuhkan fondasi, hanya landasan datar. Jadi, bisa dipindah atau disimpan kembali. Sebab itu rumah ini cocok untuk pembangunan perkampungan temporer saat bencana alam, penyelenggaraan festival atau kejuaraan olah raga.

Tersedia dalam beberapa tipe, yaitu single module (tiny 27 m2), double module (young 56 m2 dan luxury 46 m2), dan triple module (family 84 m2 dan cottage 70 m2). Walaupun bisa bersifat temporer, fungsi ruangnya sudah lengkap: ruang duduk, dapur, kamar mandi dan kamar tidur yang ditempatkan di lantai atas dengan desain mirip attic. Jumlah kamar tidurnya tergantung ukuran modul. Yang terbesar ada tiga kamar. Harganya mulai dari 28.000 Euro atau sekitar Rp451 juta per unit.

Eksterior triple modul. (Foto: inhabitat)

Eksterior triple modul. (Foto: inhabitat)

Ruang duduk dan ruang makan. (Foto: inhabitat)

Ruang duduk dan ruang makan. (Foto: inhabitat)

Pemesan juga bisa meminta desain khusus yang tentunya harus sesuai dengan sistem konstruksi lipatnya. Proses dari pemesanan sampai pengiriman dijanjikan perlu 70 hari. Jika sudah punya modul utama, dan misalnya mau menambah ruang, modul tambahan ini bisa dipesan dengan harga mulai dari 16.000 Euro (Rp258 juta). Untuk tangga tambahan harganya 2.000 Euro (Rp32 juta).

Proses pembangunan rumah di lokasi. (Foto: designboom)

Proses pembangunan rumah di lokasi. (Foto: designboom)

Sumber: designboom, inhabitat dan business insider