HousingEstate, Jakarta - Di tengah kota Cilegon, Serang, Ciputra Group melalui PT Citra Pradipta KSO menawarkan proyek hunian eksklusif berisi rumah tepi danau CitraGarden BMW seluas 74 ha. Lokasinya di Jalan Raya Cilegon, Wanayasa, Kramatwatu, Serang, Provinsi Banten. Hunian eksklusif tepi danau itu ditawarkan di klaster Arga Dwipa. Jumlah rumah yang dikembangkan sangat terbatas, hanya 29 unit. Seluruhnya rumah satu lantai seluas 148 m2 dengan ukuran kaveling bervariasi. Tahap pertama dilepas 13 unit dengan ukuran kaveling mulai dari 8 x 31 m2 dan tahap dua 16 unit dengan ukuran kaveling mulai dari 10 x 31 m2. Saat ini tahap pertama tinggal menyisakan rumah contoh. Jadi, pengembang mulai memasarkan tahap kedua dengan harga rumah mulai dari Rp2 miliar.

PENGEMBANG MEMBUAT DANAU UNTUK MENGENDALIKAN BANJIR, MENAMBAH KEINDAHAN KAWASAN, MENAIKKAN NILAI PROYEK, SEKALIGUS MENGUSIR PANASNYA HAWA KOTA INDUSTRI CILEGON.

Ada beberapa keunggulan rumah-rumah di klaster Agra Dwipa. Fasadnya menghadap ke jalan utama, tapi halaman belakangnya menghadap ke danau seluas 14.229 m2 yang dibangun developer. Danau buatan ini bentuknya dibuat artistik, meliuk-liuk dengan lansekap di sekelilingnya ditata apik lengkap dengan jogging track dan tempat untuk duduk-duduk santai. Developer menjadikan danau itu sebagai selling point, meletakkan kamar tidur utama dan ruang keluarga di sisi belakang dengan bukaan ke arah danau.

Green Property Awards 2018
CITRA GARDEN BMW CILEGON
Green Water Management

Selain menaikkan nilai jual, danau buatan itu juga memiliki fungsi lain. Misalnya, sebagai area peresapan air hujan dan pengendali banjir; menampung sementara air hujan sebelum mengalirkan over flow-nya ke sungai. Fungsi lain danau sebagai penetralisir air limbah dari rumah-rumah di kawasan. Sebelum dialirkan ke danau, air limbah itu disaring terlebih dulu di setiap rumah. Keberadaan danau itu juga membantu menurunkan suhu kawasan, sebagai tempat aktivitas olah raga dan area bersosialisasi warga.

Keunggulan berikutnya klaster Agra Dwipa pada desain rumahnya. Developer mendesain rumah-rumahnya bergaya tropis modern dengan tritisan lebar dan bukaan banyak baik ke atas, ke depan, maupun ke arah belakang rumah. Misalnya rumah tipe 148 yang dibangun di atas kaveling 8 x 31 m2 dilengkapi bukaan ke atas (void) seluas 5,5 x 4,35 m2, bukaan ke depan melalui jendela dan pintu ruang tamu, dan bukaan ke belakang lewat pintu dan jendela kamar utama serta ruang keluarga.

Fungsi void antara lain untuk memasukkan sinar matahari agar seluruh tanaman yang ada di taman dalam tengah hidup sehat, disamping menambah pencahayaan alami dan melancarkan sirkulasi udara agar seisi rumah terang dan nyaman. Semua ruang di dalam rumah, kecuali kamar utama, memiliki bukaan ke arah void itu. “Penataan lay out ruang seperti itu minimal akan mengurangi penggunaan alat penerangan dan pendingin ruangan di siang hari. Jadi, menghemat pemakaian listrik,” kata Kurniawan Santoso, PM CitraGarden BMW Cilegon.

Keunggulan lain dari rumah berkamar tiga plus satu kamar pembantu ini, 3+1 ini tidak memakai air tanah, melainkan air bersih dari PDAM, dan air limbah rumah tangganya disaring dulu sebelum dialirkan ke danau. Atas berbagai upaya yang mengarah ke pengembangan berkonsep ramah lingkungan itu, tahun 2018 majalah HousingEstate dan portal properti housingestate.id mengapresiasi klaster Agra Dwipa di Citra Garden BMW Cilegon dengan memberikan Green Property Awards 2018 kategori green water management.