HousingEstate, Jakarta - Pasar apartemen seharga Rp300 – 500 juta yang biasanya menyasar pemakai akhir (end user) masih membukukan penjualan yang cukup baik kendati pasarnya juga melambat. Salah satu contohnya, apartemen Cimanggis City (1 ha), Jalan Raya Bogor, Cimanggis, Kota Depok, besutan PT Permata Sakti Mandiri (PSM). Berlokasi di tengah kawasan yang cukup padat dan sudah banyak fasilitas komersialnya, Cimanggis City banyak dicari end user dari kalangan pekerja muda.

“Tahun 2018 kami masih membukukan penjualan yang cukup baik. Dari 913 unit (dari total 1.600 unit) di tower pertama, sudah terjual 685 unit dengan nilai Rp278 miliar. Karena itu kami tetap optimistis tahun ini masih bisa membukukan penjualan yang baik,” kata Agus Susilo, Direktur Cimanggis City, di ajang Indonesia Property Expo (IPEX) 2019 di JCC Senayan, Jakarta, akhir pekan lalu.

Ia menyatakan, apartemen seharga Rp300-500 juta merupakan yang paling pas bagi pasar Depok, karena terjangkau pekerja muda. Situasi ekonomi relatif tidak berpengaruh. Cimanggis City menargetkan bisa menyelesaikan penjualan 25 persen sisa unit di tower pertama senilai Rp92 miliar pada akhir semester I 2019.

Setelah itu akan diluncurkan tower kedua sambil fokus pada pembangunan tower pertama yang ditargetkan selesai akhir tahun ini. “Kami optimistis karena penjualan apartemen di Depok semuanya masih cukup baik. Terlebih beberapa proyek infrastruktur mulai beroperasi, seperti jalan tol Cimanggis-Jagorawi (Cijago) seksi II yang terhubung ke tol Depok-Antasari (Desari). Lokasi juga dekat dengan stasiun komuter Jakarta-Bogor, sejumlah kampus ternama, dan fasilitas umum yang sudah banyak di kawasan dan terus berkembang,” ujar Agus.

Cimanggis City menawarkan tipe studio (21 m2) dan 2 kamar tidur (KT) 36 m2 seharga Rp319-500 jutaan/unit. Harga perdana tipe studio diklaim masing-masing Rp250 juta, Rp275 juta, Rp299 juta, hingga saat ini Rp319 juta. Selama ajang IPEX 2019 ditawarkan promo pembelian tanpa uang muka dan gratis biaya KPA. Jadi, konsumen bisa langsung mencicil Rp2,9 jutaan per bulan. Targetnya selama IPEX 2019 Cimanggis City bisa menjual 50 unit apartemen.