HousingEstate, Jakarta - Scandinavian style menjadi tren yang makin meluas. Karakternya yang simpel, fleksibel, dan ringan, cocok jadi tatatan  interior hunian urban. Salah satu contohnya diaplikasikan di show unit (unit contoh) Cleon Park apartment, Cakung, Jakarta Timur, ini. Cleon Park yang mencakup dua tower itu dibangun PT Mitra Sindo Sukses (Modernland Realty Tbk) di Jakarta Garden City (JGC/370 ha) dekat gerbang tol Cakung Timur di ruas tol JORR Cakung-Cilincing. Apartemen setinggi 24 lantai itu lokasinya sekitar 200 meter dari AEON Mall.

Desainnya simpel dengan perabotan ringan dan pilihan warna-warna natural dan hangat.

Lokasi: Show unit apartemen Cleon Park, Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur
Luas: 59 m2 (semi gross) dua kamar tidur
Desainer Interior: Alien Design Consultant

Apartemen yang terintegrasi dengan shop houses yang dirancang sebagai lifestyle center itu menawarkan tipe studio sampai tiga kamar tidur (KT) seluas 32-89 m2 (semi gross). Harganya Rp700 jutaan-2 miliar/unit sudah termasuk sejumlah perabotan standar hunian dan elektronik rumah tangga (semi furnished) di setiap unit. Tower pertama  (North) sudah hampir habis. “Segmennya menengah atas. Karena itu unit huniannya cukup luas. Selain itu unitnya semi furnished sehingga kalau mau ditempati bisa langsung masuk,” kata  Hyronimus Yohanes, GM Marketing & Sales JGC.

 

Cerah dan meriah

Gaya scandinavian makin mendapat tempat karena di balik tampilannya yang simplicity, atmosfirnya tetap hangat dan modern. Apalagi, Alien Design Consultant, perancangnya, mengeksplor elemen kayu yang membuat kesannya lebih alami. “Langgamnya boleh disebut tropical scandinavian, lebih hangat dan cocok untuk hunian urban di Indonesia,” kata Hardyanthony Wiratama, Managing Director Alien Design Consultant.

Unit apartemen seluas 53 m2 (nett) berdimensi 6,4×8 m2 plus balkoni selebar satu meter lebih itu cukup lega dan nyaman untuk ukuran tipe dua KT. Interiornya didominasi warna-warna kalem: broken white, coklat, dan corak kayu. Tone natural itu dipadu dengan sedikit permainan warna gelap dan grey. Ini diaplikasikan di area living room, misalnya kaca hitam pada backdrop TV dan abu-abu muda pada sofa.

Hangat dan ceria di ruang keluarga: Panel kayu warna coklat yang diaplikasikan asimetris pada dinding membuat suasana lebih ceria. Atmosfirnya makin hangat dengan pilihan karpet warna coklat dan gordin warna senada.

Living room terkesan lebih meriah dan tropis dengan panel-panel kayu warna coklat yang diaplikasikan secara asimetris. Tambahan lighting dan sedikit warna kuning pada sisi panel membuat suasana makin ceria. Unsur tropis makin menonjol dengan pemilihan meja dan single chair yang menggunakan konstruksi kayu. Menyatu dengan ruang keluarga adalah area makan yang dilengkapi meja marmer persegi dan kursi industrial warna gold. Kursi makan berbentuk oval dengan dudukan coklat itu tampak ringan dengan konstruksi jeruji dari bahan metal.

Kamar tidur dirancang lebih hangat dengan mengeksplorasi tema kayu secara maksimal. Permainan kayu mendominasi seluruh perabotan termasuk backdrop tempat tidur. Di kamar utama masih ditambahkan pelapis lantai parket. Olah warnanya mengombinasikan tone hangat da natural, seperti putih, abu cerah, dan coklat.

 

Kamar tidur utama didominasi warna coklat kayu dikombinasikan dengan broken white dan putih. Ditambah aksen vintage melalui foto lukisan jembatan gantung kuno yang diletakkan di atas head on ranjang dan dinding. Pemakaian lantai parket menambah suasana makin hangat.

 

Kamar anak mengangkat tema sama dengan dominasi warna coklat kayu dikombinasi putih dan pemakaian backdrop kayu menerus untuk panel TV.

 

Kamar mandi di balik dinding pantry tampak clean dan elegan dengan tekstur kayu mentah. Ruangnya menjadi lega dengan area mandi (shower) di sudut akhir dan area wastafel yang diletakkan sejajar.

 

Efisien di area servis: Area paling depan di samping pintu masuk dirancang untuk ruang servis. Sudut ini dimanfaatkan untuk pantry dan laundry. Di area yang tidak seberapa luas ini juga ditempatkan kulkas dua pintu.

close
GRATIS | Majalah HousingEstate #190 Edisi Juni 2020