HousingEstate, Jakarta - Ciputat, Tangerang Selatan, jadi kiblat baru hunian kaum menengah. Lokasinya dekat dengan kawasan elit Pondok Indah (Jakarta Selatan) dan koridor bisnis TB Simatupang-RA Kartini. Kawasan diapit jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Taman Mini-Ulujami yang tersambung dengan tol Jagorawi, tol bandara, tol Jakarta-Cikampek, dan tol JORR 2. Menuju stasiun MRT Lebak Bulus (Jakarta Selatan) juga dekat. Begitu juga ke stasiun Jurangmangu yang dilayani kereta komuter Tanah Abang-Serpong. Karena itu hunian di kawasan ini terus berkembang. Selain hunian tapak, tumbuh pesat juga apartemen.

KONSEP DESAINNYA ELEGAN DENGAN MEMADUKAN UNSUR MODERN DAN NATURAL DALAM BALUTAN WARNA BEIGE.

Ikonnya The Spring Residence di Jl Otista Raya. Proyek seluas 2,3 hadari PT Gading Development Tbk ini dikembangkan secara terintegrasi (mixed use development). Di dalamnya ada empat tower apartemen, lifestyle mall (Ciputat Town Square), Cinema, rumah sakit, sekolah, kampus, hotel, dan area komersial. Karena itu pengembangnya menilai apartemen ini cocok untuk profesional muda, kaum milenial, dan mahasiswa.

Dari apartemen menggunakan MRT ke pusat bisnis utama Jakarta di Jl Jend Sudirman-MH Thamrin kurang dari satu jam. Menuju koridor bisnis RA Kartini-TB Simatupang lebih singkat lagi. Demikian juga ke berbagai pusat gaya hidup di sekitarnya, kurang dari 30 menit, seperti ke Pondok Indah Mall dan Cilandak Town Square (Citos) serta Bintaro XChange di Bintaro Jaya.

Tower pertama Springwood (20lantai/800 unit) saat ini dalam tahap finising. Serah terima unitnya akan dimulai akhir tahun ini atau awal 2020. Harganya terjangkau kalangan menengah dan milenial Rp15 juta/m2. Tipe studio 22 m2 dijual Rp334 juta tunai. “Dengan harga terjangkau, animo konsumen cukup besar. Saat ini tower Springwood sudah terjual lebih dari 75 persen,” kata Budiawan Lebar, Chief Executive Officer (CEO) PT Aksara Global Development Tbk.

Tersedia juga tipe satu kamar tidur (KT) 33 m2, 2 KT 44 m2, dan 3 KT 67 m2 seharga Rp400-800 jutaan per unit tunai. Tipe 1-3 KT ditawarkan dalam jumlah terbatas, 2-3 unit per lantai. Konsumen yang ingin membeli dengan KPA dari bank cukup membayar uang muka (DP) 10 persen diangsur lima kali. Tipe studio angsuran DP-nya Rp7 jutaan per bulan. Tower Springwood dilengkapi kios, SOHO (unit hunian sekaligus tempat usaha), dan kolam renang.

Kitchen set menyambung dengan rak dan meja kerja

Modern eklektik

The Spring juga dirancang sebagai hunian nyaman dan elegan. Ini dapat dilihat pada show unit yang sudah disiapkan pengembang untuk tipe studio standar 22m2, studio nonstandar, dan 2 KT. Liputan ini menampilkan show unit tipe studio standar karena paling banyak diadakan di apartemen. Dari 42 unit per lantai, 35 unit di antaranya tipe studio.

Lemari Built-in

Kamar mandi

Memasuki unit contoh tipe studio atmosfirnya tenang dan hangat. Didesain dengan konsep modern eklektik, interiornya memadukan warna-warna soft dan natural. Seluruh ruang bernuansa beige lembut dikombinasi tekstur kayu mentah dan putih seperti tampak pada wallpaper, list almari, ambalan, dan kabinet di area kitchen. Tirai jendela dan bed cover menggunakan warna senada. Perpaduan warna-warna calm itu membuat hunian terasa lebih homey dan nyaman. Aplikasi kaca lebar yang cukup dominan seperti pada pintu lemari, jendela, head board, dan dinding membuat ruangan menjadi lebih modern dan terkesan lebih luas.

Ruangnya berbentuk kotak dengan plafon setinggi 2,8 m sehingga memudahkan pengaturan dan penempatan perabot. Begitu masuk di sebelah kanan ada kitchen set dan kulkas, di sebelah kiri kamar mandi. Sejajar kitchen berturut-turut untuk meja tempel memanjang dan meja rias dekat jendela. Ditambahkan beberapa ambalan untuk memajang aksesoris. Sedangkan area sejajar kamar mandi dialokasikan untuk ranjang dan di sudut terjauh untuk lemari pakaian. Sudut kecil antara ranjang dan kamar mandi ditambahkan meja sudut dan dudukan kayu bulat. Backdrop tempat tidur diolah dengan mengombinasikan kaca dan ambalan bertekstur kayu mentah. “Konsep interior yang elegan dan calm ini sesuai dengan kebutuhan kaum urban yang ingin huniannya tenang dan nyaman,” ujar Budiawan.

 

Landmark baru

Tahun depan akan diluncurkan tower kedua. Kelak bila seluruh tower terbangun, huniannya mencakup total 2.500 unit. Mereka akan menghidupkan area komersial di kawasan. Budiawan menyebutkan, konsep The Spring Residence merupakan yang pertama di Ciputat. Keberadaan lifestyle mall, sinema, dan kampus akan menjadikan proyek sebagai destinasi sekaligus landmark baru kawasan. Untuk kenyamanan pengunjung akan dibangun dua gedung parkir enam dan sembilan lantai. Khusus parkir penghuni tersedia di lantai basement.

Lokasinya yang cukup dekat dengan jalan tol memudahkan The Spring Residence diakses dari berbagai penjuru Jabodetabek. Aksesnya akan makin mudah bila MRT Bundaran HI–Lebak Bulus kelak diteruskan hingga Tangerang Selatan. Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) sudah mengusulkan MRT ditarik ke selatan melewati Ciputat-Pamulang-Serpong dan berakhir di Kota Tangerang. Salah satu pemberhentiannya stasiun Pustekkom di Jl RE Martadinata, sekitar 300 meter dari The Spring Residence.

Budiawan optimis dengan berbagai keunggulan itu, prospek The Spring Residence sangat menjanjikan. Selain untuk dihuni sendiri, dapat dijadikan investasi. Unit-unitnya diubah menjadi hotel untuk disewakan harian sampai bulanan. Pasar sewa potensialnya antara lain keluarga mahasiswa universitas yang ada di Ciputat dan profesional muda yang beraktifitas di pusat bisnis Jakarta. Pemilik unit tidak perlu repot mencari penyewa karena pengembang sudah menggandeng pengelola profesional dengan sistem bagi hasil.

Informasi (021) 2759 8899

close
GRATIS | Majalah HousingEstate #190 Edisi Juni 2020