HousingEstate, Jakarta - Bank BTN akhirnya mendapatkan tambahan kuota untuk penyaluran KPR bersubsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) dari pemerintah. Bank BTN yang memang fokus pada pembiayaan perumahan dan mengambil porsi penyaluran FLPP mencapai lebih dari 90 persen dibandingkan bank lain mendapatkan tambahan kuota sebanyak 2.467 unit.

“Hingga semester kedua tahun 2019 ini kami sudah menyalurkan KPR FLPP mencapai 28 ribu unit. Tentunya kami berterima kasih dan mengapresiasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan menambah kuota FLPP sehingga bisa semakin banyak rumah yang bisa dibiayai dan mempercepat pencapaian Program Sejuta Rumah,” ujar Oni Febriarto Raharjo, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank BTN, dalam siaran persnya yang diterbitkan di Jakrta, Rabu (4/9).

Bank BTN, lanjut Oni, akan mengejar dan optimistis bisa mencapai target bisnis perusahaan pada periode semester kedua tahun ini. Ada banyak faktor positif yang membuat optimisme untuk bisa mencapai target pada tahun ini, antara lain penurunan bunga acuan Bank Indonesia (BI) sebanyak dua kali menjadi 5,5 persen dan penurunan Giro Wajib Minimum (GWM) sebesar 0,5 persen sehingga menjadi 6 persen untuk bank konvensional dan 4,5 persen untuk bank syariah.

Kebijakan ini menjadi angin segar bagi perbankan di tengah masih ketatnya likuiditas pada awal semester kedua tahun ini. Faktor lainnya terkait situasi politik dengan sudah terpilihnya presiden dan wakil presiden dengan relatif aman dan tinggal menunggu penetapan pada bulan Oktober mendatang. Berlanjutnya pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) semakin mengonfirmasi program Sejuta Rumah yang merupakan salah satu program strategis pemerintahan Jokowi.

“Total hingga Juli 2019, Bank BTN sudah menyalurkan pembiayaan untuk program sejuta rumah mencapai 503.974 unit dengan nilai kredit Rp43,64 triliun. Rinciannya, KPR 135.893 unit, kredit konstruksi 368.081 unit, sementara untuk KPR subsidi sudah disalurkan sebanyak 111.823 unit. Artinya kami sudah mencapai 63 persen dari target tahun ini dari total sebanyak 800 ribu yang akan kami salurkan subsidi maupun non subsidi,” bebernya.

close
GRATIS | Majalah HousingEstate #191 Edisi Juli 2020