HousingEstate, Jakarta - Mungkin hanya di periode sekarang ini developer begitu royal memberikan kemudahan kepada para konsumen. Salah satunya Duta Putra Land yang sedang melakukan soft launching perumahan baru Grand Duta City (200 ha) di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat.

Rumah tipe 39/60 yang dibandrol seharga Rp603 juta di perumahan itu dapat dibeli dengan uang Rp3 juta saja, setelah sebelumnya konsumen membayar tanda jadi atau booking fee Rp5 juta. Kok bisa? Karena uang muka alias down payment (DP) yang sebesar lima persen atau Rp30,15 juta dipotong cashback dari developer Rp22 juta, dan booking fee diperhitungkan sebagai pengurang depe. Jadi, konsumen cukup membayar Rp3 juta.

Di luar cashback, developer masih memberikan bonus free bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) plus surat-surat. Jadi, kalau konsumen membayar tunai keras setelah melunasi depe Rp3 juta itu, sudah tidak membayar apa-apa lagi.

Sedangkan bagi konsumen yang membeli dengan KPR, tinggal membayar biaya KPR yang besarnya kurang lebih lima persen dari plafon kredit yang disetujui. Itu pun developer masih memberikan subsidi biaya KPR Rp10 juta. Asumsi cicilan KPR-nya tahun pertama Rp4,8 juta per bulan untuk tenor kredit 20 tahun.

Demikian pula saat konsumen mengisi perabotan rumah, developer akan memberikan bonus lagi berupa voucher belanja sebesar Rp10 juta untuk pembelian furnitur di outlet IKEA.

close
GRATIS | Majalah HousingEstate #190 Edisi Juni 2020