HousingEstate, Jakarta - Lugano Lake Park, di kawasan CitraRaya (2.760 ha), Cikupa, Tangerang, Banten, meraih penghargaan kategori green design and planning dalam Green Property Awards 2019. Mega klaster yang rencananya dikembangkan menjadi 15 klaster mencakup 4.500 rumah ini, akan mengaplikasikan beragam fitur green seperti yang sudah diterapkan dalam pengembangan mega klaster sebelumnya Ecopolis (100 ha).

Lugano Lake Park dilengkapi danau alami Cimanceri seluas 15 ha yang akan digunakan untuk beragam fungsi, mulai dari penampungan air, pengendali banjir saat musim hujan, sampai sumber air baku instalasi pengolahan air bersih (water treatment plant/WTP) di Citra Raya.

Taufiq Hidayat, Planning & Design Director PT Ciputra
Residence

“Kami sudah lama memiliki pengolahan air bersih sendiri untuk memenuhi kebutuhan penghuni. Sumber air bakunya antara lain dari danau di Lugano Lake Park. Area sekeliling danau difungsikan untuk jogging track yang terbuka untuk umum,” kata Taufiq Hidayar, Planinng & Design Director PT Ciputra Residence, developer CitraRaya.

EcoPark

Developer juga menghadirkan Eco Park, taman kota seluas 2 ha yang akan difungsikan juga untuk wahana wisata penghuni, ditambah ruang terbuka hijau seluas 12 ha. Semua penerangan jalan umum (PJU)-nya menggunakan lampu LED. Semua penghuni juga diberi 4-5 lampu LED untuk rumah masing-masing.

Guna menghemat penggunaan air, saniter yang digunakan juga yang irit air. Kloset misalnya, memakai yang dual flush. Untuk mandi diaplikasikan shower yang flow rate. Rasio ukuran jendela rumah dibuat proporsional sesuai dengan luas fasad rumah. Jadi, pada siang hari di dalam rumah tetap terang tanpa lampu.

“Jika jendelanya terlalu kecil, di dalam rumah jadi gelap. Sebaliknya kalau jendelanya terlalu lebar, dalam rumah jadi panas. AC harus bekerja keras untuk mendinginkannya di malam hari,” jelas arsitek dari ITB Bandung itu.

Jalur Sepeda

Bulevar utama Lugano Lake Park menuju distrik pusat bisnis atau central business district (CBD) CitraRaya dibangun sepanjang lebih kurang 1,5 km. Jalan utama itu akan dilengkapi jalur sepeda serta pedestrian. Jadi, penghuni yang hendak berbelanja ke Mal Ciputra di kawasan CBD itu yang rencananya dibuka bulan puasa tahun depan, tidak perlu menggunakan kendaraan bermotor.

Sepanjang jalan utama itu juga akan ditanami pohon peneduh yang dapat menyedot polusi seperti trembesi dan ketapa kencana. Dua jenis pohon ini memiliki kanopi yang lebar sehingga dapat memayungi pejalan kaki dari panas matahari.

Klaster Cestara

Sementara setiap rumahnya akan dilengkapi dua tong sampah untuk menampung sampah organik dan anorganik. “CitraRaya adalah township yang mendapat dukungan pendanaan dari International Finance Corporation (IFC). Jadi, kami didorong makin serius menjadikan kota baru ini sebagai hunian yang menerapkan eco culture,” tutur Taufiq.

Setelah sukses memasarkan klaster Carona, Lugano Lake Park belum lama ini merilis klaster baru Certara yang menawarkan rumah satu lantai tipe 34/72 seharga Rp625 juta, 45/84 Rp749 jutaan, dan 51/96 Rp817 jutaan per unit.

close
GRATIS | Majalah HousingEstate #191 Edisi Juli 2020