HousingEstate, Jakarta - Tamansari Metropolitan Manado (50 ha) di Jl AA Maramis, Manado, Sulawesi Utara meraih HousingEstate Award 2019 untuk kategori The Most Favorite Middle Up House of Big Scale Housing in Manado, Sulawesi Utara. Perumahan yang dikembangkan PT Wika Realty ini meraih penghargaan itu, karena penjualannya tahun ini sangat baik untuk ukuran perumahan menengah atas di kota Manado.

Penjualan selama Januari-Oktober 2019 mencapai 90 unit yang seluruhnya disumbang klaster Lihaga (18 ha/600 unit). Klaster kesembilan ini menawarkan rumah tipe 36/72 yang dibanderol Rp850 juta, serta rumah dua lantai tipe 69/100 seharga Rp1,5 miliar, 95/120 Rp1,9 miliar, 115/150 Rp2,2 miliar, dan tipe 140/200 yang dilengkapi private pool.

Andy Sakti Purba, Manager Realty Tamansari
Metropolitan Manado (kanan)

“Tipe yang paling diminati tahun ini yang berharga Rp1,5 miliar hingga Rp2 miliar. Sebagian besar konsumen kami pengusaha. Ada juga pejabat tapi jumlahnya tidak banyak. Kami optimistis sampai tutup tahun, penjualan bisa lebih dari 100 unit,” kata Andy Sakti Purba, Manager Realty Tamansari Metropolitan Manado.

Lebih terukur

Penjualan Tamansari Metropolitan Manado tetap baik saat pasar properti menengah atas masih lesu, karena komitmen pengembangnya yang mampu melakukan serah terima tepat waktu. Di kota Manado banyak developer termasuk pengembang papan atas dari Jakarta yang tidak tepat waktu melakukan serah terima rumah. “Di Tamansari Metropolitan Manado serah terima rumah lebih terukur. Secara berkala kantor pusat melakukan audit progress pembangunannya,” jelas alumni Teknik Sipil dari Universitas Lampung itu.

Selain serah terima yang terukur, Tamansari Metropolitan Manado memiliki enam keunggulan lain. Pertama, terletak di kawasan strategis di jalan arteri yang sudah hidup 24 jam yang menghubungkan pusat kota Manado dengan bandara internasional Sam Ratulangi. Menuju pusat kota hanya 7,5 km dan ke bandara 2,5 km.

Kedua, fasilitas di jalan AA Maramis sudah komplit. Ke Lippo Mall hanya satu kilometer, ke supermarket Transmart di jalan yang sama 0,5 km. Ke sekolah unggulan Dian Harapan hanya hitungan menit. Di dalam perumahan sendiri sudah tersedia kolam renang, komplek ruko yang sedang dibangun, serta lahan untuk sekolah dan sarana ibadah.

Ketiga, seperti semua perumahan yang dikembangkan PT Wika Realty, area terbuka Tamansari Metropolitan lebih luas dibanding perumahan lain dengan lansekap ditata rapi. “Konsep tamansari yang diaplkasikan di perumahan Wika Realty diterapkan juga di sini, sehingga penghuni merasa homey. Calon konsumen merasakan sesuatu yang beda begitu memasuki perumahan ini,” tutur ayah satu anak ini.

Keempat, layanan purna jual yang cepat. Jika ada komplain, cepat ditanggapi manajemen dan dikerjakan. Kelima, bebas banjir. “Saat banjir beberapa tahun lalu yang membuat beberapa perumahan menengah atas di sini tergenang, perumahan kami tidak,” ungkap Andy. Keenam, lingkungan perumahan yang dikembangkan sejak tahun 2007 ini sudah hidup dan sudah dihuni 800 KK.