HousingEstate, Jakarta - Sebagai penyedia produk elektronik dengan spesialis kitchen appliances, Modena (Italia) terus menghadirkan berbagai produk yang dibutuhkan masyarakat dan mengembangkan pola-pola edukasi, sosialisasi, dan pelayanan kepada konsumennya. Salah satunya dengan mengadakan berbagai event untuk kian mengetahui keinginan dan kebutuhan pasar terkait produk dan layanan after sales service-nya. Selama tiga bulan terakhir tahun ini beberapa kegiatan dimaksimalkan melalui program road show di beberapa mal.

Menurut Hendrik Senjaya, Product Marketing Manager PT Modena Indonesia, road show cukup efektif memberikan edukasi terkait produk, memberikan berbagai kemudahan dan promo kepada konsumen, hingga mengetahui lebih jauh apa saja kebutuhan konsumen.

“Setiap road show biasanya kita perkenalkan produk terbaru yang di-launching pada tahun ini. Kita bawa juga beberapa range produk terbaik kita. Acara diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari demo interaktif, kuis, dan lain sebagainya. Konsep acaranya dibuat lengkap untuk konsumen, bahkan para retailer yang memasarkan produk Modena. Jadi kita mengedukasi pasar sekaligus jaringan distributor supaya lebih kenal dengan produk, nggak hanya jual putus,” katanya saat acara ”Modena Smart Roadshow 2019” di Electronic City SCBD Jakarta, 20 September 2019.

Tahun 2019 road show pertama digelar di Surabaya awal Agustus lalu. Setelah itu di SCBD Jakarta, dan akan disusul di gerai Electronic City Mal Kota Kasablanka dan Pondok Indah Mall di Jakarta, serta Margonda City Mall di Kota Depok hingga akhir Oktober 2019. Tahun ini Modena juga meluncurkan dua produk baru dari lini water dispenser dan lemari es (refrigerator), yang akan menjadi fokus edukasi pada setiap ajang road show selain beberapa produk unggulan lain dari lini cooking, cooling, cleaning, dan professional.

Kategori professional merupakan produk-produk untuk mendukung bisnis resto, kafe, dan kuliner secara umum yang saat ini perkembangannya sangat pesat. Tren lifestyle yang mayoritas didukung generasi milenial membuat begitu banyak anak muda yang menjalani bisnis kuliner melalui perusahaan rintisan (start up company).

Cash back

Road show juga menjadi ajang bagi Modena untuk memberikan berbagai kemudahan, promo, hingga hadiah langsung untuk semua produknya. Konsumen bisa mendapatkan cash back dengan promo scratch and win senilai Rp300 ribu-Rp2 juta untuk setiap pembelian produk pada saat event. Ada juga potongan harga langsung sebesar 5-10 persen.

Beberapa promo khusus diberikan untuk produk tertentu. Misalnya, produk baru water dispenser yang dilengkapi dengan teknologi Bioped untuk meningkatkan kualitas air sehingga menjadi lebih sehat. Di ajang ini disediakan Bioped portabel mobile yang bisa digunakan setiap saat untuk menjamin air minum yang dikonsumsi tetap berkualitas. Harga Bioped mobile ini mencapai Rp2 juta. Ada juga produk mesin cuci berteknologi inverter yang bisa melakukan pencucian hanya dalam 18 menit.

Road show juga bertujuan mengedukasi para retailer sehingga tidak hanya konsentrasi pada penjualan produk. Pemahaman terkait produk yang lebih baik diyakini akan menjadi nilai lebih para retailer saat memasarkan produk Modena. Pada akhirnya promo yang diberikan juga bisa lebih besar karena dikombinasi dengan promo took, sehingga konsumen bisa mendapakan double cash back dan berbagai hadiah langsung serta kemudahan lainnya.

Ciao

Kemudahan lain yang dihadirkan Modena adalah aplikasi Ciao Modena, sekali lagi untuk semakin mendekatkan Modena dengan konsumen. Ciao Modena bisa di-download secara gratis yang akan memudahkan konsumen mendapatkan informasi berbagai promo, klaim hadiah, pengurusan servis, dan lain sebagainya.

“Konsumen sering menghilangkan kartu garansi. Dengan aplikasi ini saat membeli produk langsung difoto QR code dan otomatis ter-record di customer service (CS). Saat melakukan servis bisa langsung menggunakan aplikasi ini dan itu record-nya ada. Kelebihan lainnya kita bisa memantau teknisi yang akan datang ke rumah sudah sampai mana, seperti ojek online,” jelas Hendrik.

Selain layanan CS, aplikasi Ciao Modena juga akan terkoneksi dengan seluruh kantor cabang, perwakilan, hingga retailer di seluruh Indonesia sehingga semua bentuk layanan terkait produk bisa direspon dengan cepat. Aplikasi ini juga untuk memuat berbagai promo atau hadiah langsung yang bisa diklaim oleh konsumen berupa cash back dan lainnya. Nantinya cash back dan undian yang diklaim bisa langsung ditransfer atau menambah rekening Go Pay dan Ovo.

“Kami harus tanggap dengan kebutuhan dan perubahan tren yang terjadi di masyarakat. Ada perubahan tren penggunaan kompor portabel biasa dengan jenis kompor tanam (built in stove) seiring dapur di rumah yang berubah fungsi menjadi ruang showing dan tempat menerima tamu. Ini membutuhkan edukasi karena seiring minat menggunakan built in stove, kebutuhan akan produk cooker hood juga meningkat. Makanya kita adakan road show dan event lainnya untuk terus mendekatkan Modena dengan konsumen dan mengetahui apa saja kebutuhan mereka,” tutur Hendrik.