HousingEstate, Jakarta - Perumahan mewah di Kota Semarang, Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah,  berkembang di  sisi selatan mulai dari kawasan Jangli sampai Bukit Sari. Lokasinya di tengah kota, posisinya paling tinggi, bebas banjir dan rob, udaranya segar,  memiliki view menawan ke arah Laut Jawa, dan bisa menikmati indahnya gemerlapnya kota di petang dan malam hari. Karenanya sejak dulu kawasan ini jadi pilihan hunian favorit masyarakat menengah-atas. Kabarnya orang terkaya nomor satu di Indonesia bermukimnya juga di sini.

Sekarang di kawasan ini ada dua perumahan kelas atas  yang tengah dipasarkan. Yaitu, Grha Candi Golf (300 ha) di Jangli dan CitraSun Garden (20 ha) di Bukit Sari.

Grha Candi Golf diakses melalui Jl DR Wahidin Soedirohoesodo. Areanya berupa bukit cadas berbatu yang dibelah oleh jalan tol ruas Kaligawe-Srondol. Untuk mengolah tanahnya menjadi kaveling siap bangun lengkap dengan jalan berikut selokannya tidaklah mudah. Perlu ditatah, dibor, dan lain sebagainya. Wajar kalau harganya mahal. Rumah yang dipasarkan antara lain tipe 160/180 seharga Rp3,16 miliar.

Perumahan yang dikembangkan oleh PT Graha Perdana Indah ini sudah menyelesaikan pembangunan ratusan unit rumah. Bahkan, telah dilengkapi lapangan golf 9 holes, driving range, country club, water park, dan sekolah internasional Mondial Primary School.

Di CitraSun Garden karena luasnya hanya 20 ha, Ciputra Group menawarkan konsep hunian eksklusif di perbukitan. “Kami mengembangkan hunian yang sesuai  kebutuhan dan gaya hidup masyarakat urban modern. Lingkungannya aman dan nyaman. Hijau, bersih, dan rapi,” kata Solun GM CitraSun Garden.  Harga rumahnya mulai dari Rp1,48 miliaran untuk tipe 69 dengan kaveling 5 x 18.

Tapi, menurutnya rumah yang paling laku justru bukan tipe terkecil itu, melainkan tipe Ruby Hill seharga Rp1,92 miliaran. Rumahnya bergaya arsitektur minimalis kontemporer. Bangunannya dua lantai seluas 100 m2 dan kaveling 7 x 18 m. Rumah ini banyak diminati konsumen karena layout ruangnya apik, simpel, tidak banyak sekat. Ruang keluarganya yang menyatu dengan ruang tamu dan ruang makan dilengkapi pintu lipat (folding door) di sisi belakang. Bila pintu tersebut dibuka, ruang keluarga akan terkoneksi dengan taman belakang yang luas. Ruangan terasa sangat lega, jauh lebih luas dari ukuran sebenarnya.

Selain itu rumah tipe Roby Hill juga dilengkapi carport tertutup untuk dua mobil. Jumlah kamar tidurnya ada tiga, satu di bawah dan dua lainnya termasuk kamar utama di lantai atas. Ruang servisnya dibuat terpisah dari bangunan utama. Ruang servis ini meliputi ruang dapur yang cukup luas dan kamar pembantu berikut kamar mandinya. “Ideal untuk hunian keluarga yang memiliki dua anak usia remaja-dewasa,” katanya. Sejauh ini rumah yang terbangun sudah 300 unit lebih di empat klaster yang dikembangkan.

“Lebih dari 70 persen telah dihuni,” ungkap Inung Adi Nugroho, Section Head Marketingnya. Menurutnya, warga di perumahan ini kompak. Setiap minggu sekali mereka sempatkan berkumpul, terutama bapak-bapaknya. “Pada perayaan hari-hari besar nasional atau keagamaan, mereka sering mengusulkan kepada kami untuk menginisiasi acara gathering, nanti mereka yang support semua yang dibutuhkan,” katanya. Termasuk saat bulan puasa, setiap hari ada saja warga yang mengirimkan makanan buka puasa ke kantor marketing. “Jadi, beli rumah di CitraSun Garden tidak hanya mendapatkan rumah yang berkualitas dengan lingkungan yang nyaman, tapi juga bonus tetangga yang kompak,” katanya. Sejauh ini profil konsumen CitraSun Garden sebagian besar owner perusahaan, kaum profesional dan eksekutif puncak perusahaan-perusahaan di Semarang dan kota-kota lain di sekitarnya.