HousingEstate, Jakarta - Apartemen yang dioperasikan sebagai hotel ternyata diminati mereka yang sedang menjalankan anjuran pemerintah bekerja dari rumah (work from home-WFH) untuk memotong rantai penyebaran visrus Covid-19. Salah satu contoh hotel yang dioperasikan Crown Group di Australia,  adalah Sky Suites (73 unit), di Sydney CBD NSW,  yang juga dikembangkan oleh Crown Group.

Crown Group adalah perusahaan pengembang di Australia yang didirikan oleh orang Indonesia, Iwan Sunito.

Menurut Pierre Abrahamse, Chief Operating Officer Crown Group, pandemi Covid-19 telah membuat peta perjalanan maupun pemesanan kamar hotel berubah drastis dan itu berdampak pada peningkatan dua hotel yang dikelola Crown Group yaitu Skye Suites Sydney dan Skye Suites Parramatta (72 unit), di 30 Hunter St, Parramatta NSW.

“Okupansi  menginap jangka panjang di kedua hotel kami meningkat rata-rata 10 persen. Salah satu alasan tamu, mereka mencari tempat yang tenang untuk bekerja pada periode WFH dan kami telah meresponnya  dengan menyiapkan program baru  untuk menginap jangka panjang,” ujarnya dalam siaran pers yang diterbitkan dari Sydney, Australia, Senin (13/4).

 

Self contained

Program baru yang dimaksud itu adalah konsep mandiri atau self contained sehingga rate harganya menjadi lebih rendah, terjangkau untuk disewa hingga berbulan-bulan. Dengan layanan self contained ini, para tamu bisa memasak dan mencuci sendiri sehingga lebih hemat. Bisa juga memesan makanan dari restoran tanpa harus keluar dari  unit kamarnya ataupun bertemu dengan petugas layanan. Di dalam kamar juga tersedia hiburan  TV layar besar berikut channel-channel unggulan.

Skye Suites  dilengkapi peralatan dapur premium merek SMEG, microwave oven, kulkas, mesin cuci dan pengering, kamar mandi,   serta tempat tidur dari Sleeping Duck yang tingkat kekerasannya bisa diatur.  Ada juga mesin kopi Vittoria atau Nespresso berikut mini bar. Perlengkapan mandinya dari Kevin Murphy dan sarana gym dengan peralatan dari Life Fitness. Penghuni juga akan menikmati interior kamar maupun keseluruhan fasilitas rancangan Allen Jack+Cottier dan Koichi Takada Architects dan fasilitas resort yang telah menjadi kekhasan Crown Group selama ini.

 

Menghindari tatap muka

Kemudian sebagai langkah pengaman dari ancaman Covid-19, manajemen hotel juga memakai teknologi yang dapat menghindari tatap muka. Misalnya keyless entry dan tablet concierge virtual di setiap kamar yang dapat dipergunakan para tamu mengakses layanan hotel. Bahkan proses check in juga dilakukan secara contact less dengan layanan mobile check in.

Manajemen menyediakan  dua tipe kamar  untuk sewa jangka panjang ini, yaitu  tipe satu dan dua kamar tidur dengan  luas  43-80 m2. Setiap unit dilengkapi balkon luas untuk menghirup udara segar maupun berjemur guna meningkatkan imunitas tubuh yang sangat penting pada masa pandemi ini.

“Dalam waktu dekat kami juga akan membuka Hotel Skye Suites yang ketiga dan merupakan bagian dari Infinity by Crown Group di Sydney. Rencananya hotel ketiga ini akan  dibuka pada pertengahan tahun ini yang akan mencakup 90 unit  kamar hotel selain 326 unit apartemen dan 18 unit toko ritel. Proyek ini juga kembali didesain oleh Koichi Takada Architects yang sudah memiliki reputasi global,” tambah Pierre.