Jumat, Oktober 24, 2025
HomeBerita PropertiPerempuan di Bisnis Properti

Perempuan di Bisnis Properti

Keterlibatan perempuan dalam bisnis properti dan industri terkait semakin luas. Tidak seperti satu dasawarsa lalu ketika bidang ini terkesan laki-laki, kini bisnis properti tampak makin feminin. Bidang-bidang yang berhubungan dengan pihak eksternal banyak dipegang kaum hawa. Misalnya, pemasaran, promosi, dan marketing communication. Bagian desain dan perencanaan yang dulu sangat maskulin, kini juga mulai banyak mempekerjakan kaum perempuan. Pos-pos yang diduduki bukan level staf melainkan pengambil kebijakan.

Di antara mereka ada yang menduduki posisi strategis, seperti CEO (chief executive officer) di perusahaan pengembang besar, marketing director dan direktur keuangan. Untuk level middle management tidak terhitung banyaknya. Ini terjadi secara merata di privat company atau yang sudah go public. Di beberapa perusahaan pengembang asing juga terjadi tren demikian.

Keterlibatan perempuan di bidang-bidang tadi dinilai cocok dan punya banyak kelebihan. Mereka luwes, sabar, mudah berkomunikasi, dan jago lobi. Kemunculan mereka pada posisi-posisi penting pengambil keputusan ada yang karena sebagai owner atau anggota keluarga owner, sebagian besar karena memang dinilai andal di bidangnya. Mereka berpengalaman dan membangun karir cukup panjang baik di satu perusahaan maupun beberapa perusahaan pengembang sebelum sampai pada posisi sekarang. Berikut contoh sosok sebagian eksekutif perempuan di bisnis properti dan industri terkait itu.

Selanjutnya

Berita Terkait

Ekonomi

Pertumbuhan Ekonomi Digital Jakarta Tercepat di Asia Tenggara

Posisi Jakarta kian kuat sebagai salah satu ekonomi digital...

September Jumlah Uang Beredar Kian Besar. Tanda Ekonomi Terus Membaik?

Uang beredar adalah indikator aktivitas ekonomi. Kenaikan atau penurunan...

Bunga Masih Tinggi, Penyaluran Kredit Stagnan, Kredit yang Belum Dicairkan Besar

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyatakan, penurunan BI-Rate 150...

Berita Terkini