Minggu, September 7, 2025
HomeBerita PropertiPerempuan di Bisnis Properti

Perempuan di Bisnis Properti

Keterlibatan perempuan dalam bisnis properti dan industri terkait semakin luas. Tidak seperti satu dasawarsa lalu ketika bidang ini terkesan laki-laki, kini bisnis properti tampak makin feminin. Bidang-bidang yang berhubungan dengan pihak eksternal banyak dipegang kaum hawa. Misalnya, pemasaran, promosi, dan marketing communication. Bagian desain dan perencanaan yang dulu sangat maskulin, kini juga mulai banyak mempekerjakan kaum perempuan. Pos-pos yang diduduki bukan level staf melainkan pengambil kebijakan.

Di antara mereka ada yang menduduki posisi strategis, seperti CEO (chief executive officer) di perusahaan pengembang besar, marketing director dan direktur keuangan. Untuk level middle management tidak terhitung banyaknya. Ini terjadi secara merata di privat company atau yang sudah go public. Di beberapa perusahaan pengembang asing juga terjadi tren demikian.

Keterlibatan perempuan di bidang-bidang tadi dinilai cocok dan punya banyak kelebihan. Mereka luwes, sabar, mudah berkomunikasi, dan jago lobi. Kemunculan mereka pada posisi-posisi penting pengambil keputusan ada yang karena sebagai owner atau anggota keluarga owner, sebagian besar karena memang dinilai andal di bidangnya. Mereka berpengalaman dan membangun karir cukup panjang baik di satu perusahaan maupun beberapa perusahaan pengembang sebelum sampai pada posisi sekarang. Berikut contoh sosok sebagian eksekutif perempuan di bisnis properti dan industri terkait itu.

Selanjutnya

Berita Terkait

Ekonomi

Belasan Investor Kazakhstan Lirik IKN

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia...

Program Perumahan Salah Satu yang Diharapkan Buka Lapangan Kerja

Pemerintah terus menjalin kolaborasi dengan pelaku usaha untuk membuat...

Menko Airlangga Minta Pengusaha Tahan PHK dan Buka Program Magang Berbayar untuk Sarjana Baru

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta para pengusaha...

Berita Terkini