HousingEstate, Jakarta - Di pasaran tersedia beragam tipe apartemen. Salah satunya tipe studio. Bagi bujangan atau pasangan tanpa anak, unit apartemen ini mungkin lebih cocok. Ukurannya kompak, umumnya antara 18 m2 sampai 30-an m2 (net), dengan desain ruang fungsional atau lebih mengutamakan fungsi-fungsi dasarnya sebagai hunian. Karena berukuran kompak dengan desain fungsional dan perabot secukupnya, di kota yang sibuk apartemen tipe studio memiliki nilai plus.

Pertama, harganya lebih terjangkau karena konsumen hanya membayar space yang memang dibutuhkannya. Tidak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk membiayai ruang lebih yang sebenarnya tidak kita perlukan. Karena terjangkau harganya, apartemen tipe studio lebih mudah disewakan atau dijual lagi karena pasarnya lebih besar, dan sebab itu cocok untuk investasi.

Kedua, ukuran hunian yang kompak membuat pemeliharaan dan pembersihan apartemen tipe studio menjadi lebih mudah, cepat, dan murah.

Ketiga, penghuni apartemen tipe studio tidak perlu pusing melengkapi perabotnya. Apartemen mungil hanya membutuhkan tempat tidur, lemari dan sofa mungil, meja multifungsi untuk bekerja, makan, dan menonton TV, serta kamar mandi dan dapur mini.

Keempat, karena berukuran kecil, biaya pengelolaan apartemen mungil lebih rendah. Jadi, penghuni tidak perlu membayar service charge yang besar. Service charge ditetapkan berdasarkan luas unit.

Kelima, kendati berukuran mungil, penghuni apartemen tipe studio memiliki hak yang sama dengan penghuni lain untuk menikmati berbagai fasilitas yang ada di apartemen.

Banyak apartemen di pusat bisnis yang menawarkan unit tipe studio. Salah satunya SQ Rés (1,3 ha/2 menara/21 lantai/700 unit) dari PT Intiland Development Tbk di kawasan mixed use (proyek properti terpadu) South Quarter (SQ), di koridor bisnis Simatupang, Jalan RA Kartini-TB Simatupang, Cilandak Barat, Jakarta Selatan. SQ sudah dilengkapi menara perkantoran serta area komersial SQ Dome. Tipe studio SQ Res dipasarkan baru-baru ini dengan ukuran 30 m2 (semi gross) seharga Rp1,1 miliar/unit.

Aksesnya mudah ke manapun di Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek), karena koridor bisnis Simatupang dibelah jalan tol JORR Pondok Pinang-Ulujami-TMII yang terkoneksi dengan semua jalan tol di Jabodetabek. Ke pusat bisnis utama Jakarta juga gampang, dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti busway (TransJakarta) dan MRT.

SQ berada di antara stasiun MRT Fatmawati dan Lebak Bulus dalam radius 500-600 meter. Busway yang rutenya juga terkoneksi dengan MRT, melintasi SQ secara rutin. “Di koridor bisnis Simatupang banyak perusahaan lokal dan global. Para pekerjanya membutuhkan hunian yang nyaman. Sebagian mereka berusia muda. Karena itu kita tawarkan apartemen tipe studio,” kata Head of Marketing SQ Rés Hammy Sugiharto melalui siaran pers di Jakarta, Senin (8/6/2020).

Selain fasilitas standar apartemen seperti kolam renang, sarana olah raga, area bermain anak, resto café, sentra ATM, serta parkir mobil dan sepeda, SQ Rés juga menyediakan area bersama seperti perpustakaan, co-working space, dan cinema.