HousingEstate, Jakarta - Pengembang Australia Corwn Group kembali menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan dari Housing Industry Association (HIA) untuk kategori Australian Apartment Complex 2020. Penghargaan diselenggarakan secara virtual di hadapan ribuan stakeholder dan konsumen industri properti secara online akhir pekan lalu untuk proyek Arc by Crown Group yang telah selesai dibangun pada 2018 lalu.

Crown Group sendiri merupakan pengembang yang didirikan orang Indonesia Iwan Sunito dan telah sukses di Australia hingga merambah pengembangan proyeknya ke Amerika. Menurut Chief Operating Officer Crown Group Pierre Abrahamse, penghargaan ini sebuah bentuk pengakuan tentang bagaimana sebuah bangunan menjadi pemimpin dalam desain dan pengerjaan tapi juga menambahkan sesuatu yang istimewa pada struktur arsitektur kota.

“Penghargaan ini menandai kesuksesan kesekian kalinya Arc by Crown Group, sebuah tower setinggi 25 lantai dan telah diakui dalam desain maupun konstruksi bangunan dan telah menjadi ikon kota serta memberikan warna baru di Sydney. HIA sendiri merupakan badan resmi industri pembangunan hunian di Australia dengan lebih 40 ribu anggota yang bergerak di sektor perumahan,” ujarnya dalam siaran pers yang diterbitkan dari Sydney, Kamis (11/6).

Arc by Crown Group didesain oleh Koichi Takada Architects yang telah dikenal secara internasional. Karya yang dibuat telah berhasil mewakili arsitektur yang sangat inspiratif yang mewakili perkembangan gaya hidup di jantung perkotaan. Proyek ini memiliki hotel Sky Suites Sydney di bawahnya, kawasan ritel dan kuliner bernama Our Skittle Place, dan 148 unit apartemen di atasnya.

Banyak  desain  arsitektur yang menarik  pada bangunan ini. misalnya penggunaan tembok bata yang membuat fasad gedung sangat mencolok di bagian bawah  kontras dengan 59 lengkungan baja berwarna putih yang menjulang hingga ke puncak tower. “Dengan berbagai keunggulan itu kami  berhasil menjual unit penthouse di lantai paling atas senilai Rp55 miliar pada awal tahun ini,” kata Pierre.