HousingEstate, Jakarta - Bank BTN bekerjasama dengan  PT AKR Land Development menawarkan suku  bunga Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) dengan suku bunga  kompetitif untuk lima tahun pertama  kepada konsumen apartemen di Gallery West Residence di superblok AKR Gallery West Jl Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Suku bunga tahun pertama fixed 4,99 persen, tahun kedua 8,99 persen, tahun ketiga 9,99 persen, tahun keempat 9,99 persen, dan tahun kelima sebesar 11,99 persen. Selanjutnya tahun keenam dan seterusnya suku bunga floating rate mengikuti bunga pasar di kisaran 13 persen.  Tawaran yang cukup menarik itu masih ditambah ‘bonus’  tahun pertama dan kedua debitur libur mencicil pinjaman pokok, sehingga yang dicicil hanya bunganya saja.

Dengan libur membayar cicilan pokok, debitur  hunian vertikal  ini sangat tertolong di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang kini memasuki phase new normal ini. Apalagi uang muka atau down payment (DP) ringan  mulai 5 persen dan dapat dicicil hingga enam kali.  Bahkan, kalau payroll (Pembayaran gaji) melalui Bank BTN, DP-nya bisa di kisaran 1-2 persen saja.

“Developer memberikan subsidi suku bunga di tahun pertama sehingga  bisa rendah, hanya 4,99 persen. Sedangkan tahun kedua hingga tahun kelima  setiap tahun naik berjenjang   1 persen kami berikan suku bunga promo  agar  debitur tidak kaget terhadap kenaikan cicilan KPA-nya  Tetangga (bank lain) tidak ada yang menawarkan program seringan ini di tengah pandemi Covid-19. Sekarang adalah time to buy,” ujar Romeo Daniel, Mortgage Sales Department Head PT Bank Tabungan Negara (Persero)  Tbk di acara Webinar  dengan tema Marketing in Crisis Time yang diselenggarakan PT AKR Land Development pada Kamis, (2/7).

Selain Romeo, ada tiga pembicara lain yakni CEO PT AKR Land Development Thomas Go, Commercial & Business Development Director PT AKR Land Alvin Andronicus dan Ketua Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) Jakarta Barat Tommy Tanuwidjaja.

Menurut Romeo, untuk mengajukan KPA atau KPR  Bank BTN tidak perlu lagi mendatangi kantor cabang Bank BTN  tapi sudah bisa melalui website www.btnproperty.co.id . Jika semua persyaratan sudah lengkap dan lulus BI Cheking, dalam tempo lima hari hari kerja sudah closing tanpa tatap muka dengan debitur.

Dalam kesempatan yang sama, CEO PT AKR Land Development, Thomas Go mengemukakan di tengah pandemi Covid-19 dan kondisi ekonomi yang makin terpuruk, konsumen sebaiknya membeli apartemen yang sudah jadi. Jika membeli apartemen yang  sedang proses pembangunan apalagi yang pembangunannya belum dimulai, serah terima unit dari developer kepada konsumen  tidak bisa dipastikan kapan bisa direalisasi.

“Apartemen Gallery West Residence adalah hunian vertikal    yang betul- betul sudah siap huni bahkan sudah fully furnished sehingga konsumen tinggal angkat koper. Dari total 375 unit, yang tersedia tinggal puluhan unit. Bahkan unit yang sudah dihuni sudah ratusan jumlahnya,” ujar Thomas. Gallery West Residence menawarkan beragam tipe  mulai studio suite 52 m2, tipe 1 bedroom (BR) 44- 52 m2, tipe 2 BR 56- 108 m2 dan tipe 3 BR 78- 128 dengan harga mulai Rp1,4 miliar hingga Rp4,5 miliar.

Selain berlokasi dekat gerbang tol Kebon Jeruk serta dengan dengan Jakarta Selatan, fasilitas di lingkungan sekitar sudah lengkap.  Untuk fasilitas pendidikan, di sekeliling apartemen ada Bina Bangsa School, Tunas Muda International School, Ipeka International School, Ipeka Puri,  Universitas Bina Nusantara, Universitas Trisakti, Universitas Tarumanegara, dll. Untuk sarana kesehatan ada Siloam Hospital, Jakarta Eye School, Graha Kedoya Hospital, dan RS Pondok Indah Puri Indah.

Menurut Thomas, promo serupa juga berlaku untuk proyek AKR lain seperti Grand Kawanua International City (200 ha) di Jl.  A.A. Maramis dan Kawanua Emerald City di Jl. Outer Ring Road. Dua- duanya di Manado, Sulawesi Utara.