HousingEstate, Jakarta - Memasuki era new normal, developer  mulai bergerak lagi. Salah satunya adalah Winner Group yang menggandeng Sapta Group, anak perusahaan PT Bumi Citra Permai Tbk, mengembangkan proyek mixed use Cibinong New City (CNC) di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. CNC  akan digadang menjadi proyek CBD pertama di kawasan Cibinong dengan area pengembangan mencapai 125 ha.

“CNC akan mengedepankan konsep kota mandiri yang berkesinambungan dan berwawasan lingkungan dengan konsep a place where vibrant meet serenity at the heart of Cibinong,” ujar Yusmen Liu, CEO Winner Group.

Winner Group yang sebelumnya sudah sukses mengembangkan sejumlah proyek di Pulau Batam, Kepualauan Riau, ini  akan mengembangkan CNC menjadi pusat bisnis dan hunian dengan berbagai fasilitas penunjangnya. Lokasi proyeknya sangat strategis karena terkoneksi langsung dengan Stadion Pakansari yang merupakan salah satu stadion bertaraf internasional di sekitar Jakarta.

Cibinong sendiri, jelas Yusmen, sebagai ibu kota Kabupaten Bogor merupakan sebuah kawasan yang masih akan berkembang dengan akses maupun infrastruktur yang terus dilengkapi. Beberapa infrastruktur baru yang akan segera hadir menunjang perkembangan Cibinong adalah jalur kereta ringan (LRT) Cawang-Cibubur-Bogor, yang salah satu stasiunnya ada di dekat Sirkuit Sentul, sekitar 10 menit dari proyek ini. Demikian pula tol Antasari (Jakarta)-Depok-Bojonggede, juga hanya sekitar 10 menit dari CNC.

CNC akan mengadopsi konsep smart city dengan memanfaatkan penggunaan material green, seperti pemanfaatan tenaga surya untuk penerangan umum di seluruh kawasannya. Ada lima komponen yang akan dikembangkan yaitu resort villa, park home, condovilla, apartemen, dan corporation city (office park, research & development kerja sama dengan LIPI). CNC juga akan dikembangkan sebagai Kota Ilmu Pengetahuan atau Cibinong Science Center.

Fasilitas penunjang yang akan dihadirkan antara lain rumah sakit, sekolah, universitas, sport complex yang terintegrasi dengan Stadion Pakansari, dan sebagainya. Akan ada juga commercial area yang dikonsep sebagai open air mall, commercial lake, resort hotel, dan convention center di samping juga ada cultural park dan ecopark. “Saat ini kami sudah memasarkan Winner Sapta Villa dengan konsep resort villa yang unik, berkonsep go green dan go healthy seluas 6,5 ha,” beber Yusmen.