HousingEstate, Jakarta - Aviv Mustaghfirin terpilih kembali menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) Privinsi DKI Jakarta untuk masa bakti 2020-2024. Di masa kepemimpinannya yang ke dua ini alumni ITS Surabaya ini memiliki program mendorong para anggotanya untuk meningkatkan kualitas pembangunan perumahan, khususnya untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). “Kami akan membuat rating kualitas perumahan dengan menjadikan salah satu perumahan MBR  sebagai benchmark,” ujarnya usai acara Musyawarah Daerah (Musda) DPD Himperra DKI Jakarta di Hotel Pullman Thamrin, Sabtu 17 Oktober 2020 lalu.

Sebagai imbalannya  Aviv  menyiapkan penghargaan untuk diberikan kepada para pengembang yang telah membangun produknya sangat baik. Apresiasi akan diberikan berupa piala bergilir dengan kriteria maupun pelaksanaan yang akan diumumkan kepada seluruh anggota.

Menurutnya, hal tersebut dilatar-belakangi oleh banyaknya keluhan dari masyarakat yang disampaikan ke DPD terkait kualitas rumahnya. “Ini harus menjadi peringatan bagi semua anggota agar lebih serius menjaga kualitas bangunan rumah yang dikembangkan. Tidak boleh ada perbedaan pengembangan untuk segmen non subsidi dan subsidi,” tegasnya.

Agenda berikutnya yang akan dijalankan di masa kepemimpinannya adalah melakukan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan, khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Pemerintah Daerah  terkait kepastian perizinan, fasilitas penyediaan lahan murah, pelayanan publik di bidang perumahan, penetapan zonasi dan lokasi perumahan MBR serta menempatkan  perumahan sebagai bagian dari sistem perkotaan.

Menurut Aviv, pembangunan permukiman dan perumahan rakyat merupakan pekerjaan bersama lima pilar utama pembangunan, yaitu pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga pembiayaan, pengembang, dan masyarakat.

“Kunci keberhasilan pembangunan perumahan khususnya program satu juta rumah terletak pada sinergitas dari para pemangku kepentingan. Mengingat bantuan pembiayaan perumahan dari pemerintah hanya bisa mencukupi 25-40 persen dari total target,  sisanya dipenuhi oleh sektor swasta,” katanya.

Terkait pembangunan rumah MBR, DPD Himperra DKI Jakarta tahun depan menargetkan bisa membangun  sebanyak 10 ribu unit.

Alam Musda tersebut selain Aviv, telah ditetapkan pula Iwan Hermawan sebagai Sekretaris, dan Olivia Indriani sebagai Bendahara.