HousingEstate, Jakarta - Pandemi Covid-19 telah membuat kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat terus tumbuh. Keterbatasan ruang gerak untuk mengurangi penyebaran viruss juga telah memunculkan berbagai kebiasaan baru khususnya untuk terus meningkatkan imunitas tubuh hingga berbagai kegiatan yang bisa dilaksanakan di rumah.

Berbagai hal baru ini juga direspon oleh pabrikan elektornik dengan mengeluarkan produk tepat yang dibutuhkan oleh pasar. Sharp misalnya, meluncurkan produk oven microwave yang bukan hanya untuk memanaskan makanan tapi memiliki fungsi lebih untuk mengolah berbagai panganan sehat hingga memungkinkan digunakan untuk aneka ragam kuliner.

Menurut National Sales Sr. General Manager Sharp Indonesia Andry Adi Utomo, microwave merupakan salah satu kategori small home appliances yang penggunanya terus meningkat dan hingga saat ini angka penjualannya telah mencapai lebih dari dua juta unit di seluruh dunia. Pandemi juga membuat produk ini menjadi cocok digunakan di rumah untuk mengusung kepraktisan namun tetap menghasilkan panganan bergizi.

“Kami meluncurkan produk microwave Healsio Superheated SteamOven yang mengusung konsep easy, healthy, tasty. Ini merupakan alat masak pintar karena memiliki fungsi lebih yaitu perpaduan antara steam oven, microwave, dan juga convection oven di dalam satu alat masak,” ujarnya saat memperkenalkan produk ini untuk kalangan media secara virtual pekan ini.

Healsio bekerja dengan sistem pemanasan air yang menghasilkan uap panas kemudian uap tersebut dipanaskan kembali hingga suhu 250 derajat celcius untuk menghasilakn superheated steam. Injeksi superheated steam ini akan terserap ke dalam makanan saat diproses sehingga bisa matang sempurna.

Di sisi lain, metode pemanasan uap air ini bisa mengurangi lemak, kadar garam, dan minyak pada makanan tapi tetap mempertahankan nutrisi yang baik sehingga hasilnya merupakan panganan yang sehat. Metode low oxygen cooking-nya bisa mempertahankan efek antioksidan sehingga bisa menjaga keaslian cita rasa makanan dan tetap sehat.

Andrew Gultom, Assistant General Manager of Product Strategic Group for Home Appliances Sharp Indonesia menambahkan, produk ini memiliki 25 auto menu yang akan memudahkan pengguna yang tidak terbiasa memasak sekalipun. Berbagai jenis masakan mulai menumis, memanggang, mengukus, dan lainnya bisa dilakukan oleh alat ini.

“Dengan alat ini yang awam sekalipun akan bisa memasak bahkan bisa dilakukan untuk proses memasak yang berbeda secara bersamaan. Kelebihan lain, produk ini bisa mendeteksi jenis makanan yang dimasak dan berhenti secara otomatis bila makanan sudah mencapai tingkat kematangannya sehingga alat ini anti gosong atau over cook,” katanya.

Healsio Superheated Steam Oven ini diproduksi dengan material solid perpaduan stainless dan alumunium yang memberi kesan kokoh namun tetap  stylish dengan perpaduan warna merah dan hitam elegan. Kapasitas produk ini 31 liter dengan dimensi 500x420x470 mm seharga Rp8 juta. Sharp menargetkan bisa menjual produk ini hingga seribuan unit per tahun.