HousingEstate, Jakarta - Pemerintah terus mendorong konsep hunian yang mengintegrasikan dengan transportasi publik atau transit oriented development (TOD). Salah satunya seperti yang ditawarkan LRT City hasil pengembangan PT Adhi Commuter Properti (ACP). ACP merupakan anak perusahaan BUMN PT Adhi Karya (Persero) Tbk yang mengembangkan proyek transportasi modern LRT Jabodetabek.

Menurut Direktur Pemasaran ACP Indra Syahruzza, masyarakat mulai meminati pennggunaan transportasi publik seperti kereta komuter, Transjakarta, mauupun moda raya terpadu (MRT). Hal ini pada gilirannya akan menjadi tren dan kebutuhan di kota-kota besar seperti kawasan Jabodetabek.

“Hunian yang terintegrasi dengan sarana transportasi akan berimbas pada waktu tunggu hingga waktu tempuh dan itulah tren yang berkembang di kota-kota maju dunia yang telah mulai diaplikasikan di sini. Kita bisa lihat sarana transprotasi publik modern saat ini yang diminati masyarakat,” ujarnya kepada housingestate.id, Senin (16/11).

Indra memaparkan beberapa fakta terkait beratnya lalu lintas Kota Jakarta dengan panjang jalan yang hanya 5.621 km. Menurut data Polda Metro Jaya tahun 2015, panjang jalan di Jakarta hanya bertambah sebesar 0,01 persen per tahun sementara penambahan kendaraan mencapai 4.500 unit motor dan 1.500 unit mobil setiap harinya yang artinya mencapai 12 persen per tahun.

Survei Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2014 menyebut, 1,38 juta warga sekitar Jakarta (Bodetabek) melakukan perjalanan ulang-alik ke Jakarta untu bekerja, sekolah, maupun keperluan lainnya. Porsi terbesar penglaju ini dari Bekasi mencapai 26,02 persen. Hal ini menyebabkan hilangnya waktu produktif dan kerugian BBM yang dibakar karena kemacetan mencapai Rp10,7 triliun per tahun.

Karena itu keberadaan proyek LRT City Bekasi-Eastern Green bisa menjadi solusi hunian sekaligus memudahkan aksesibilitas masyarakat. Proyek  ini berlokasi 0 km dari Stasiun LRT Jatimulya dan exit tol Bekasi Timur. Selain LRT, ada juga sarana bus rapid transit (BRT) Transjabodetabek sehingga pilihan transportasi umumnya lebih lengkap.

Project Director LRT City Bekasi-Eastern Green Setya Aji Permana mengatakan, beberapa keunggulan akan bisa dirasakan langsung khususnya terkait efisiensi maupun penghematan pada sebuah hunian yang dikonsep “your smart move” ini sehingga sesuai dengan lifestyle kalangan masyarakat urban.

“Kalau  kita pakai mobil, untuk BBM bisa Rp50 ribu/hari, biaya tol Rp35 ribu, parkir Rp50 ribu sehingga total biaya harian untuk kendaraan mencapai Rp135 ribu. Belum memerhitungkan perawatan, biaya pajak tahunan, dan lainnya sementara kalau pakai LRT hanya Rp24 ribu per hari. Artinya, ada penghematan lebih dari Rp100 ribu setiap harinya kalau kita menggunakan transportasi umum seperti LRT,” jelasnya.

Waktu tempuh juga akan lebih terukur. Dengan kecepatan rata-rata LRT 60 km/jam, dari Stasiun LRT Jatimulya ke Jatibening hanya 15 menit, ke LRT Cawang 28 menit, LRT Dukuh Atas 50 menit. Sarana LRT ini juga akan terkoneksi dengan moda lain seperti Transjakarta, KRL, hingga angkutan perkotaan sehingga memudahkan kita ke manapun di wilayah Jabodetabek.

“Saat ini LRT City Bekasi-Green Eastern sudah mulai dihuni sehingga masyarakat bisa merasakan berbagai sarana maupun fasilitas hunian dengan komnsep modern seperti di kota-kota maju. Kita seperti memiliki kendaraan pribadi yang siap mengantar ke manapun tujuan kita dengan cepat, aman, murah, dan semuanya diakses dengan berjalan kaki,” imbuhnya.

LRT City Bekasi-Eastern Green dibangun di atas lahan seluas 1,4 ha yang terdiri dari residensial, mal, ruko, plaza, dan sebagainya. Apartemennya ada dua tower, Tower Primrose (634 unit) dan Tower Clove (302 unit). Tower PPrimrose sudah siap dihuni yang menawarkan tipe studio (27,21 m2) seharga Rp600 jutaan atau 2 kamar (50,51 m2) Rp1,1 miliar.

Manfaatkan juga program promo di bulan November ini yaitu NOWvember dengan booking hanya Rp5 juta dan subsidi uang muka sebesar 4,5 persen. Ada juga program bebas bunga untuk satu tahun dan bebas biaya KPA. Ada dua bank yang memberikan promo khusus yaitu Bank BTN dan Bank BNI yang membebaskan cicilan untuk tahun pertama sehingga konsumen hanya membayar bunganya saja. Yudis