HousingEstate, Jakarta - PT Ciputra Development, Tbk. (CTRA) berhasil membukukan  marketing sales sebesar Rp3,8 triliun hingga triwulan ketiga tahun 2020. Pencapaian ini diperoleh dari penjualan rumah hunian dan tanah kaveling sebesar Rp3,4 triliun, sedangkan sisanya dari penjualan ruko, apartemen, dan perkantoran. Pencapaian selama triwulan III 2020 ini turun sebesar 9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu akibat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terkait meluasnya dampak penyebaran Corona Viruses Diseases (Covid-19). Meski demikian, CTRA melihat adanya tren yang cukup meyakinkan terlihat dari kenaikan angka marketing sales cukup signifikan yakni Rp548 miliar di bulan Juli, Rp552 miliar di Agustus, dan Rp654miliar pada September. “Tren positif ini diharapkan dapat diteruskan sampai akhir tahun untuk mencapai target marketing sales sebesar Rp4,5 triliun,” ujar Direktur Utama CTRA Candra Ciputra dalam siaran virtual Public Expose CTRA 2020, di Jakarta, Kamis (3/12).

Untuk mendukung pencapaian target marketing sales 2020 CTRA meluncurkan tujuh klaster baru di proyek-proyek yang sedang berjalan. Diantaranya klaster Elecio di CitraGarden Puri (Jakarta Barat), klaster Benoa, Ayodya dan Seminyak di Citra Maja Raya(Lebak, Banten), ruko Academia, klaster Avante, dan klaster Viale di CitraRaya Tangerang, klaster Orinocodi di Citra Sentul Raya (Bogor), dan  Ruko Delft Shop Office di CitraLand City Losari (Makassar).

Developer optimis peluncuran klaster-kaster baru di sejumlah proyek tersebut  sukses karena produknya telah disiapkan dengan baik. “Kami mengkaji pasar, persiapan tim digital marketing, infrastruktur jaringan database, dan kerjasama tim sales yang baik, serta pengembangan konsep produk yang ditawarkan,” ujar Tulus Santoso, Direktur Perseroan sekaligus Sekretaris Perusahaan CTRA.

Untuk kuartal keempat di tahun 2020 ini CTRA akan terus fokus meluncurkan klaster-klaster baru pada segmen pasar menengah dan menengah-bawah dengan harga rumah di bawah Rp2 miliar. CTRA optimis permintaan properti akan mengalami tren positif di tahun depan karena pasar investor sudah mulai membaik.