HousingEstate, Jakarta - Kabar mengenai banyaknya developer yang sulit memasarkan produknya saat ini bukan lagi berita. Pasar yang lesu beberapa tahun terakhir ditambah pandemi Covid-19 membuat pasar properti makin terpuruk. Karena itu kalau ada yang bisa melakukan penjualan apalagi dalam jumlah banyak justru mengundang pertanyaan. Apa penyebabnya.  Salah satu perumahan yang penjualannya kinclong adalah Britania Bekasi. Perumahan ini dikembangkan PT Mekar Agung Sejahtera (MAS Group) di  Jejalen, Tambun Utara, Bekasi, Jawa Barat. Area pengembangannya seluas 10 ha yang terbagi dalam tiga klaster. Semuanya 750 rumah terdiri tipe 36/66, 36/78, dan 42/72.  Harganya Rp288 – 324,3 juta per unit.

Dalam sebulan Britania terjual rata-rata 90-100 rumah. Ini tergolong perumahan paling laris di kelasnya. Menurut Sengkono Dharmawan, Direktur Utama MAS Group, perumahan yang dikembangkan diminati karena meladeni kalangan enduser (pemakai langsung).  Mereka para pasangan keluarga muda yang baru pertama membeli rumah (first home). Karena itu harganya dibuat terjangkau Rp200-300 jutaan agar terjangkau mereka yang kemampuan finansialnya belum kokoh. “Segmen ini jumlahnya sangat banyak dan mereka butuh hunian. Kalau kita dapat memberikan harga yang terjangkau pasti akan dibeli,” kata Sengkono kepada housingestate.id belum lama ini.

Selain harga Britania berada di kawasan yang menyimpan prospek menjanjikan. Kawasan ini dilalui jalan Cibitung – Cilincing (34 km), bagian dari tol JORR 2,  yang akan membuat wilayah sekitarnya semakin terbuka dan mudah diakses. Seksi 1 Cibitung – Telaga Asih (3,1 km) akan beroperasi Januari 2021. Menuju Stasiun Tambun sekitar 15 menit.

Kendati harganya terjangkau konsep pengembangan Britania cukup bagus. Dari 10 ha areanya yang dibangun hanya 50%, selebihnya untuk infrastruktur dan ruang terbuka hijau. Di dalamnya banyak taman termasuk taman tematik. Di dalamnya akan dilengkapi sejumlah fasilitas, antara lain club house, kolam renang, jogging track, taman bermain, dan sarana olahraga. Detil arsitekturnya juga mengadopsi gaya Modern British. MAS Group juga menawarkan pembayaran ringan. Uang tanda jadi Rp3 juta (refundable), DP 5% boleh dicicil 6x dengan angsuran Rp2 jutaan/bulan, free BPHTB dan AJB.

Serah terima rumah 18 bulan. Developer menjanjikan rumah yang dibangun berkualitas baik. Cat tembok dan genteng menggunakan brand yang biasa digunakan hunian menengah atas termasuk dinding dobel bata merah, kloset duduk, kusen aluminium, plafon gypsum, genteng beton.