HousingEstate, Jakarta - Dengan dimulainya vaksinasi covid-19 di sejumlah negara termasuk di Indonesia  awal Januari 2021 telah memunculkan optimisme pasar. Menurut Ferry Salanto, Senior Associate Director-Research Colliers International Indonesia (CII), membaiknya pasar property tahun 2021 dimulai dari sektor industri.  “Demand lahan-lahan industri di berbagai wilayah cukup tinggi. Karena itu kami melihat sektor ini yang pertama akan bangkit, baru disusul sektor residensial. Jika implementasi UU Cipta Kerja memang terbukti memberikan berbagai kemudahan bisnis maka akan mendorong sektor ini bergerak lebih cepat lagi,” ujarnya saat memberikan paparan Quartely Market Report Jakarta-Surabaya-Bali Q4 2020 secara daring beberapa waktu lalu.

Director Advisory Services CII, Monica Koesnovagril, menambahkan, sektor industri memberikan sinyal lampu hijau yang sangat baik sejak akhir tahun lalu. Menggeliatnya sektor ini diharapkan akan membuat sektor lain  ikut bergerak, khususnya untuk produk residensial dan  perkantoran.

“Sektor industri banyak tumbuh di kawasan-kawasan dengan perkembangan infrastruktur yang sangat baik. Karena itu wilayah seperti Subang akan terus berkembang menyusul dioperasikannya pelabuhan Patimban dan keberadaan air port Kertajati yang bisa melayani wilayah barat, tengah, hingga timur Indonesia. Perkembangan infrastruktur yang begitu massif juga akan membuat sektor ini spread out hingga ke wilayah Jawa Tengah dan seterusnya. Jadi tidak lagi fokus di Bekasi-Cikarang,” jelasnya.