HousingEstate, Jakarta - Krisis kerap dipandang dari sisi negatif saja. Padahal  dibalik dampaknya yang buruk terhadap kondisi perekonomian ada juga sisi positifnya. Contohnya di sektor properti sekarang banyak  developer yang memberikan promo dan kemudahan yang menguntungkan konsumen.  Bermacam penawaran disodorkan agar mau membeli. Salah satunya dilakukan PT Metro Perkasa Abadi yang tengah mengembangkan beberapa perumahan di Bekasi, Jawa Barat. Hanya dengan membayar tanda jadi Rp5 juta konsumen bisa langsung KPR, cicilan KPR Rp3 jutaan. “Selain itu konsumen  bisa langsung menghuni  karena rumahnya sudah selesai dibangun,” kata Hyronimus Yohanes, Direktur Pemasaran PT Metro Permata Abadi kepada housingestate.id, Jumat (15/1).

Ada empat perumahan yang dipasarkan, yaitu Victoria Green Residence, Victoria Permai, Victoria Village, dan Victoria Elok. Tiga yang pertama rumahnya sudah siap huni, sedangkan Victoria Elok (12,5 ha) yang baru dibuka satu tahun lalu masih inden.  Khusus Victoria Green Residence di Jl Tarumajaya, Setiamulya, Bekasi, yang harganya mulai Rp500 jutaan (27/72) tanda jadinya Rp10 juta. Perumahan seluas 10 ha ini lokasinya sekitar 10 menit dari Kota Harapan Indah Bekasi, proyek kota baru seluas 2.200 ha yang memiliki fasilitas cukup lengkap. Rumahnya banyak yang sudah selesai dibangun. Selain 27/72 ada tipe 42/90 dan 52/90 seharga Rp700-800 jutaan.

Paling terjangkau di Victoria Elok di Jl Bunibakti, Babelan. Lokasinya berseberangan dengan Victoria Village (30 ha) dan dekat dengan jalan tol Cibitung-Cilincing. Tipe 27/60 dibanderol Rp394 juta. Konsumen sudah tidak mengeluarkan biaya lagi. Biaya proses KPR, BPHTB, akta jual beli sudah termasuk di dalamnya. Menurut Hyronimus, jika dihitung secara riel harganya sudah terdiskon 20 persen. Sebab, harga yang ditawarkan sudah mencakup semua biaya dan kewajiban lain konsumen kepada developer.

Sejauh ini respon konsumen cukup baik. Tawaran rumah PT Metro Permata Abadi ini menjadi alternatif  konsumen yang memiliki kemampuan mengangsur bulanan tetapi belum punya cukup dana untuk melunasi uang muka. Yang penting bagi konsumen lolos BI cheking dan saldo di rekening tabungannya cukup untuk membayar cicilan tiga bulan. “Kalau itu terpenuhi konsumen berpeluang besar mendapat KPR dari bank,” katanya.

Beberapa perumahan yang dibangun PT Metro Permata Abadi itu direspon pasar karena mengisi segmen yang tidak digarap pengembang lain. Victoria Village dan Victoria Elok merupakan dua perumahan di Bunibakti yang dikembangkan dengan sistem klaster. Perumahan lainnya menggarap segmen menengah bawah. Kelebihan lainnya lokasinya sangat dekat dengan rencana gerbang tol Bunibakti di ruas tol  Cibitung-Cilincing. Dengan lokasi seperti itu dua perumahan tersebut mudah diakses dari Bekasi dan Jakarta utara melalui jalan tol.