HousingEstate, Jakarta - Pandemi Covid-19 di Indonesia telah berlangsung hampir satu tahun dan semua pihak telah menerapkan adaptasi kebiasaan baru untuk memutus penularan virus ini. Protokol kesehatan khususnyaa penerapan 3 M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun) harus diterapkan sebagai kebiasaan baru bagi seluruh masyarakat.

Toko perangkat rumah tangga (furnishing) asal Swedia, Ikea Alam Sutera, juga menerapkan protokol kesehatan itu untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung. Menurut Communication and Community Manager Ikea Indonesia Metha Tri Rizka, sejak awal pandemi Ikea telah menerapkan protokol kesehatan itu dan selalu mengampanyekan penerapan 3 M untuk pengunjung maupun co-worker.

“Kami juga membentuk Duta Covid yang bertanggung jawab untuk mengawasi dan melaporkan seluruh update terkait implementasi protokol kesehatan dan operasional di area toko. Intinya, kami ingin bersama pemerintah untuk melakukan segala upaya demi menekan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia,” ujarnya.

Beberapa protokol kesehatan yang diterapkan di Toko Ikea mengikuti pedoman yang diterapkan oleh pemerintah. Setidaknya ada lima protokol ketat yang diterapkan di Toko Ikea selama masa pandemi ini.

Pembatasan pengunjung dan usia

Salah satu poin penting yang harus diperhatikan saat pandemi ini yaitu mengurangi kerumuman. Karena itu Ikea menerapkan jarak aman dan hanya pengunjung berusia 5-60 tahun yang diperkenankan masuk ke dalam toko. Pengunjung, co-worker, dan vendor juga diwajibkan mengisi Health Declaration Form setelah pengecekan suhu badan di pintu masuk toko.

Selain itu pembatasan jam operasional toko yang diatur oleh pemerintah atau penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) juga diikuti yaitu operasional hingga pukul 19.00. Untuk ibu hamil dan lansia juga belum diperkenankan memasuki area toko sesuai dengan peraturan Pemkot Tangerang, termasuk pengunjung yang memiliki kondisi kesehatan kurang baik seperti diabetes, jantung, tekanan darah tinggi, juga tidak diperkenankan masuk.

3M

Ikea mewajibkan pengunjung selalu menerapkan protokol 3M. Di Toko Ikea telah disediakan area cuci tangan dan hand sanitizer di banyak titik. Pengunjung juga wajib selalu menggunakan masker dan menerapkan jarak aman di setiap antrean, tempat duduk, dan lainnya. Secara berkala akan ada pengumuman untuk mengingatkan protokol 3M ini.

Area bermain anak ditutup sementara

Fasilitas area tempat bermain anak di Toko Ikea untuk sementara juga ditutup. Hal ini sebagai upaya untuk meminimalkan kerumuman dan kontak fisik di fasilitas umum. Namun begitu, Ikea memberikan solusi maupun inspirasi untuk kegiatan bermain di rumah yang bisa diakses pada situs resminya.

Tidak Bisa Dine In

Ikea Food tetap dibuka namun pelanggan tidak bisa menikmati makanan di dalam toko (dine in) tapi hanya bisa membeli untuk dinikmati di rumah. Ikea tetap menyediakan menu-menu andalannya seperti Swedish Meatballs, Fish and Chips, Mushroom Soup, dan berbagai macam pastry yang bisa dinikmati di rumah. Pelanggan juga bisa memesan makanan Ikea Food melalui drive thru, Whatsapp, take away, dan GoFood.

Belanja online

Ikea juga terus mengembangkan layanan digital untuk memudahkan masyarakat tetap bisa berbelanja dengan aman dan nyaman dari rumah secara online. Dalam aplikasi Ikea, disediakan opsi layanan pengiriman baik berupa home delivery atau click and collect dengan hanya menunjukan web order di tempat pengambilan barang yang telah dipilih. Ini merupakan upaya Ikea untuk meningkatkan aksesibilitas produk-produk Ikea dan memudahkan pelanggan untuk membeli produk Ikea dari rumah.

“Kami menerapkan protokol kesehatan yang ketat namun di sisi lain terus berupaya untuk menghadirkan pengalaman belanja yang sehat dan aman bagi setiap orang dan ini merupakan salah satu visi kami untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik. Kami yakin pelanggan bisa tetap merasa aman dan nyaman ketika berbelanja kebutuhan perabot dengan upaya-upaya maupun adaptasi yang kita lakukan selama pandemi ini,” imbuh Metha.