HousingEstate, Jakarta - Lembaga penyalur KPR bersubsidi Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum  dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan waktu henti (down time) untuk seluruh layanan sistem informasinya.

PPDPP memiliki beberapa aplikasi seperti SiKasep, SiKumbang, hingga SiPetruk untuk memudahkan masyarakat, pengembang, hingga bank pelaksana penyalur KPR subsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) terkait aktivitas penyaluran hunian untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Menurut Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin seperti tertera dalam surat No. PA.0101-P9/606 yang dikirimkan kepada seluruh stakeholder, proses down time ini dalam rangka perbaikan dan maintenance sistem yang dikelola oleh PPDPP.

“Untuk meningkatkan aksesibilitas layanan penyaluran program KPR subsidi berbasis teknologi informasi, kami akan terus melakukan inovasi baik dari pengembangan sistem informasi maupun dari pengembangan infrastruktur jaringan. Proses maintenance ini akan berlangsung mulai Jumat 12/2 hingga Minggu (14/2) dan hari Seninnya akan aktif lagi,” ujarnya.

Untuk itu, per hari ini Jumat hingga Minggu, seluruh layanan aplikasi PPDPP tidak bisa diakses. Penguatan sistem teknologi informasi ini juga tidak terlepas dari makin banyaknya pengguna yang mengakses aplikasi PPDPP sehingga penguatan data center harus terus dilakukan untuk menjaga sistem yang berjalan tetap operasional dengan baik.

“Seiring makin banyaknya penggunaan sistem informasi dalam proses penyaluran dana KPR FLPP, pada tahun 2021 ini kami akan fokus pada pengembangan data center untuk menjaga eksistensi sistem yang digunakan. Proses maintenance ini akan dimulai Jumat ini pukul 00.00 hingga Minggu besok pukul 23.30,” imbuhnya.