HousingEstate, Jakarta - Pandemi Covid-19 merangsang semua pihak untuk berkreasi hingga menciptakan berbagai produk untuk mengantisipasi virus yang mudah menular ini. Produsen pencahayaan (lighting) Signify misalnya, bersama Innovative Bionalaysis, sebuah laboratorium keselamatan bersertifikat CAP, CLIA, AABB di Costa Mesa, California, melakukan riset yang memvalidasi efektivitas luminer UV-C disinfection upper air dalam menonaktifkan SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19.

Luminer UV-C disinfection upper air ini ternyata bisa menonaktifkann 99,99 persen SARS-CoV-2 di udara di dalam ruangan dengan virus yang terdeteksi pada wilayah pencahayaan akan mati pada menit ke-20.

Menurut Sam Kabbani, Chief Scientific Officer Innovative Bionalysis, paparan UV-C bisa menonaktifkan patogen dan diperkirakan pencahayaan desinfektan UV-C ini bisa memiliki dampak serupa terhadap berbagai mutasi genetik dari SARS-Cov-2.

“Hasil uji coba ini menunjukkan efektivitas luminer UV-C disinfection upper air dan ini bisa menjadi kontribusi penting yang bisa diberikan produk ini dalam memerangi virus corona dan virus-virus lainnya,” ujarnya dalam siaran pers yang diterbitkan, Sabtu (6/3).

Harsh Chitale, Division Leader Digital Solution Signify mengatakan, klaim ini bisa membuktikan kalau pencahayaan UV-C untuk aplikasi udara ruang bisa menjadi upaya pencegahan yang cukup berhasil dan ini sangat penting untuk kita semua karena bisa memastikan lingkungan yang bebas virus.

“Karena itu sejak tahun 2020 kami terus meningkatkan produksi pencahayaan UV-C hingga delapan kali lipat untuk mendukung upaya melawan virus corona. Kami juga telah memasang luminer untuk disinfeksi udara ruang dengan UV-C disinfection upper air di beberapa lokasi seperti di Jerman, Slovakia, Inggris, dan lainnya,” katanya.

Produk ini dipasang dengan kombinasi luminer yang memungkinkan sistem ini untuk mendeteksi udara yang bersirkulasi di dalam ruangan. Ventilasi mekanis atau konveksi alami akan memutar udara yang telah didesinfeksi kembali ke bagian bawah ruang. Ada pelindung pada bagian optik luminer yang dirancang untuk mencegah paparan yang tidak disengara terhadap radiasi UV-C bagi orang-orang yang berada di bawahnya.

“Selama lebih dari 35 tahun kami terus mendorong untuk menjadi yang terbaik dalam teknologi UV dan keahlian yang kuat dalam pencahayaan UV-C. Lampu UV-C Signify dirancang, dipasang, dan digunakan sesuai instruksi keselamatan yang spesifik untuk setiap produknya dan setiap produk diproduksi dengan proses yang terkontrol baik,” imbuh Harsh.