HousingEstate, Jakarta - Perkembangan teknologi telah membuat berbagai perangkat rumah kian canggih dengan bentuk yang simpel dan sesuai dengan kebutuhan keluarga perkotaan. Perangkat bel yang awalnya hanya untuk menggantikan tanda ada tamu dari semula mengetuk pintu dengan memencet tombol. Sekarang fitur bel tersebut ditambah untuk menyesuaikan kebutuhan.

Brand Ezviz misalnya, perangkat penyedia produk smarthome ini menghadirkan bel pintu pintar DB2C Kit untuk menyederhanakan perlindungan keamanan pintu depan rumah melalui perangkat yang didesain bebas kabel dan mudah dipasang. DB2C Kit terdiri dari dua perangkat yaitu bel pintu (video doorbell) dan lonceng (chime).

Menurut Country Manager Ezviz Indonesia Howard Yoeng, bel pintu bebas kabel DB2C ini merupakan jajaran dari produk smart home entry yang ditawarkan untuk menghadirkan perpaduan antara bentuk dan fungsi yang akan banyak digunakan khususnya untuk rumah-rumah perkotaan.

“Ada beberapa fitur menarik dan sangat membantu kita dengan perangkat yang simpel ini. Intinya akan bisa memberikan kemudahan hingga keamanan di pintu depan rumah. Bel ini bisa untuk melihat tamu dengan tampilan 160 derajat dari kepala hingga kaki, pendeteksi gerakan berbasis passive infra red (PIR), komunikasi dua arah, hingga bunyi alarm,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya yang diterima Redaksi pada hari Jumat (26/3).

Perangkat ini telah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5200 mAh yang bisa diisi ulang dan bisa digunakan hingga tiga bulan. Pemasangannya juga mudah tinggal mencolok ke soket listrik dan menghubungkan dengan aplikasi Ezviz. Untuk sensor geraknya bisa di-setting untuk radius 2, 3, atau 5 meter yang akan berbunyi hingga 65 db.

Pengguna alat ini juga bisa menerima panggilan masuk berupa video beresolusi tinggi di smart phone dan menjawabnya dari jauh saat ada tamu yang membunyikan bel pintu. Fitur ini juga akan memudahkan kita bila ada kurir dan kita arahkan untuk meletakan barang atau paket di suatu tempat saat kita tidak berada di rumah.

Perangkat bel ini juga dibuat dengan material yang kokoh sehingga tidak mudah dirusak bila ada yang mencoba mencopot paksa. Bila perangkat ini dicopot paksa, alarm akan berbunyi keras dan otomatis ada notifikasi yang dikirimkan ke smartphone pengguna. Ada juga slot kartu micro SD yang dipasang di bagian lonceng di dalam rumah sehingga mencegah pengguna kehilangan data jika bel dicuri atau dirusak.

“Kami juga menyediakan opsi penyimpanan cloud yang lebih besar dengan akses gratis selama tujuh hari. Setiap produk Ezviz bisa dihubungkan ke satu akun Ezviz dan semua data dienkripsi dengan ketat dengan multi step authentication dari tiap pengguna untuk memberikan perlindungan maksimal. Produk ini bisa didapatkan di gerai resmi maupun secara online seharga Rp1,2 jutaan,” kata Howard.