HousingEstate, Jakarta - Berbahagialah penghuni puluhan perumahan lain yang terletak di kawasan Sawangan, Ciputat, Pondok Cabe  dan Pamulang  pasca pintu tol Sawangan di ruas tol Cinere- Serpong  mulai dioperasikan tanggal 1 April 2021 lalu. Dengan beroperasinya  bagian dari tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 itu, mobilitas penghuni  perumahan yang ada di kawasan  itu lebih mudah dan cepat. “Saya semalam dari Jelambar sampai rumah hanya 30 menit,” kata Widodo, warga perumahan Bunga Pratama Pamulang di Panylang Timur.

Perumahan terbesar di dekat pintu tol Sawangan adalah Gardens at Cadi Sawangan yang dikembangkan PT Graha Perdana Indah di Jl Cinangka Raya,  Sawangan, Depok, Jabar. Dulu sebelum tol Serpong- Cinere beroperasi, menuju bandara Soekarno- Hatta membutuhkan waktu 1,5 jam karena menuju tol Simatupang terlebih dahulu harus melewati Lebak Bulus.

Pasca  tol ini beroperasi, hanya 30 menit.  Ruas tol Cinere-Pamulang terkoneksi dengan ruas tol JORR II lainnya yaitu Serpong-Kunciran dan Kunciran-Bandara Soekarno Hatta. “Kemarin ada teman saya  habis tugas dari luar kola. Dari bandara ke rumahnya di Garden at Candi sawangan hanya 30 menit,” ujar Agung Sudrajat, Marketing Manager Gandens at Candi Sawangan.

Agung makin optimis targetnya tahun ini bakal terlampaui. Pasalnya, pasca dibukanya tol wilayah pasar yang disasar semakin luas. Jika selama ini timnya lebih focus menyasar Jakarta Selatan seperti Jl. Simatupang, Jl. Fatmawati, dan Jl. Sudirman, sekarang juga menyasar wilayah barat, seperti Serpong, Puri Indah dan sekitarnya, hingga ke bandara Soekarno Hatta. Ke bagian timur cocok bagi yang beraktifitas di Cinere, Depok, Cimanggis  bahkan sampai ke Bekasi.

“Selain pasar kami makin meluas, investasi konsumen yang sudah membeli rumah di perumaan kami kenaikannya  semakin tinggi.  Dalam beberapa tahun terakhir harga rumah di Gardens at Candi Sawangan naik rata- rata 15 persen,” tambah Agung.

 

Trading saham

Dengan masa depan  yang prospektif itu, wajar Gardens Candi Sawangan tetap diburu oleh konsumen di tengah pandemic Covid-19 dan kondisi ekonomi yang lesu. Tahun lalu membukukan  penjualan sebesar Rp220 miliar atau naik 15 persen dibanding tahun sebelumnya.  Bandingkan dengan developer lain yang secara umum penjualannya anjlok.

Penjualan tahun lalu tumbuh cukup pesat karena banyak investor yang selama ini menginvestasikan uangnya dengan trading atau investasi saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) mengalihkan dananya membeli rumah tipe- tipe besar yang ready stock maupun indent berharga di atas Rp1 miliar   di klaster Insani dan seruni   seperti tipe 120/200 dan 80/190.

“Rumah ready stock di klaster Insani habis pada saat  Pandemi Covid-19 ini. Di klaster Seruni yang tersisa tinggal tiga unit lagi. Pada saat Pandemi ini, yang paling laris justru tipe- tipe besar,” terang Agung.

Menurut Agung, investor   tertarik menginvestasikan dananya di perumahan terluas di kawasan Sawangan ini karena  terbukti bisa memberikan keuntungan yang cukup besar  dibanding membeli di perumahan lain.Kalau investor menginvestasikan uangnya di Gardens at Candi Sawangan, dalam kurun waktu tiga tahun sudah naik hampir 50 persen.

Sementara jika mereka menginvestasikan rupiahnya di  saham di tengah pandemi Covid- 19, belum tentu untung  apalagi secara umum harga saham   terutama saham emiten yang bergerak di bidang usaha yang sangat terdampak akibat Pandemi ini seperti sektor perhotelan, wisata  danj  maskapai penerbangan  terus menerus mengalami penurunan.

Smart home

Untuk  mengantisipasi  maningkatnya permintaan rumah akibat pasar yang makin meluas, developer sedang menyiapkan klaster baru yang sudah dilengkapi dengan teknologi smart home sehingga dari jarak jauh pemilik rumah dapat menghidupkan/mematikan listrik, AC dan peralatan elektronik lain dari tempat kerja. Klaster yang akan dirilis Juni mendatang ini akan menawarkan mulai tipe 50/66, 60/78 dan 70/90 yang dibanderol mulai Rp900 jutaan per unit.

Belum lama ini  developer sudah merampungkan pembangunan  club house di boulevard utama  yang dilengkapi beragam fasilitas seperti  kolam renang anak- anak dan dewasa, gym, minimarket, dll. Perumahan ini juga kelak dilengkapi Central Business District (CBD) untuk komplek ruko, sarana pendidikan,  apartemen dan beragam properti momersil lain.

Keunggulan lain dari perumahan ini dekat dengan beragam fasilitas di Jl Cinangka Raya seperti KFC, McDonald, Burber King, Solaria, swalayan Indogrosir, Bangi Café, dan banyak lagi. Belum lama ini sudah beroperasi Mal The Park Sawangan  yang hanya puluhan meter dari gerbang  Garden at Candi Sawangan. Beberapa brand besar  sudah  melebarkan sayap usahanya di mal  empat lantai ini  antara lain supermarket Lulu, bioskop XXI, Matahari Department Store, toko pakaian dari Jepang Uniqlo,  dll.