HousingEstate, Jakarta - Rumah gaya Jepang punya pasar tersendiri di Indonesia. Karena itu dalam beberapa tahun terakhir cukup banyak developer yang mengembangkan rumah bergaya Jepang.  Tidak sedikit di antara mereka langsung menggandeng developer asal Jepang.  Sinarmas Land, Damai Putra Group, Metland, adalah beberapa pengembang yang berkolaborasi dengan pengembang negeri Sakura. Belakangan MAS Group (PT Mega Agung Sembada), pengembang sejumlah perumahan di sekitar Jakarta (Jabodetabek) menggandeng Fujiken Group untuk mengembangkan Seion Residence di Serang, Banten.

MAS Group mengembangkan rumah gaya Jepang karena konsep ini belum ada di Serang. Selain itu developer ini juga ingin mendapatkan transfer pengetahuan dan teknologi,  serta pengelolaan secara langsung dari pengembang Jepang.  Fujiken terlibat langsung dalam urusan master plan, desain unit rumah, teknologi konstruksi, keamanan, dan pengelolaan saat perumahan ini tuntas dibangun.

Proyek perumahan yang dipasarkan Maret 2020 itu mencakup area seluas 9 ha di Jl Sulaiman, Kota Serang. Rumah yang akan dibangun sebanyak 438 unit dilengkapi ruko dan sejumlah fasilitas. Pengembangannya terbagi dalam dua klaster:  Maru dan Mizu. Klaster Maru sudah memasuki pemasaran tahap tiga yang diluncurkan Maret 2021. Dua tahap sebelumnya sudah sold out. Tahap sebelumnya masing-masing sebanyak  79 rumah dan 69 rumah. Semuanya hunian dua lantai tipe 52/60, 66/72, 84/105. “Respon pasar sangat bagus, tahap pertama  dalam empat bulan sold out. Saat itu harganya mulai Rp400 jutaan,” ujar staf pemasaran Seion Residence kepada housingestate.id, Jumat (16/4).

Pemasaran tahap tiga sebanyak 77 unit terdiri tipe 66/72 dan 84/105 seharga Rp710 juta dan Rp1,1 miliar. Harga tersebut sudah all in kecuali biaya KPR. Uang muka pembelian dengan KPR 10-15 persen bisa dicicil hingga enam kali. Rumah yang terjual sudah belasan unit. Klaster Maru akan dipasarkan hingga empat tahap dengan jumlah rumah kurang lebih sama dengan tahap sebelumnya. Rumah paling kecil dilengkapi dua kamar tidur, dua tipe lainnya tiga kamar tidur. Pembangunan rumah tahap pertama hampir selesai. Rencananya setelah lebaran 2021 akan dilakukan serah terima. Sedangkan tahap tiga akan dibangun Desember 2021 yang ditargetkan selesai dalam satu tahun.

Menurut staf pemasarannya, masing-masing klaster akan dilengkapi club house yang di dalamnya terdapat kolam renang dan taman bermain.  Layaknya hunian modern urban, instalasinya bawah tanah. Karena lokasinya di kota dalam durasi 5-15 menit terdapat sejumlah fasilitas, seperti hypermarket, area komersial, sekolah, rumah sakit. Menuju gerbang tol Serang Timur sekitar 15 menit dan lima menit ke Stasiun Serang.

Seperti rumah bergaya Jepang pada umumnya Seion Residence banyak mengaplikasikan unsur kayu,  warna-warna doft dan alami seperti coklat, krem dan putih. Karena itu rumah yang menggunakan model atap perisai dan ditutup genteng Monier itu terlihat natural dan adem.