HousingEstate, Jakarta - Pandemi Covid-19 membuat seluruh sektor ekonomi tidak terkecuali properti terpukul. Permintaan konsumen  khususnya produk yang harganya mahal merosot tajam.  Maka itu untuk mendongkrak penjualan  kalangan pengembang gencar menawarkan diskon. Tren ini sudah berlangsung lebih dari satu tahun yang lalu tapi enam bulan terakhir diskonnya makin royal. Sinarmas Land (SML), pengembang sejumlah township dan proyek kota baru di Jabodetabek dan kota-kota besar Indonesia, paling gencar menawarkan diskon lewat beberapa program promosi. Kini PT Astra Modern Land, pengembang Asya, Cakung, Jakarta Timur, tidak mau kalah dengan menawarkan potongan harga hingga Rp250 jutaan.

Menurut Irma Tjandra, Chief  Marketing Communication Asya, rumah yang ditawarkan berada di klaster Matana. Klaster yang mulai dipasarkan tahun 2018 itu berisi 215 unit rumah. “Rumah yang didiskon Rp250 jutaan tipe 147/168 seharga Rp4,8 miliar. Kavelingnya ukuran 12×14 m,” katanya kepada housingestate.id, akhir pekan lalu. Matana adalah klaster kedua dari empat klaster yang sudah dipasarkan. Tiga klaster lainnya adalah Semayang, Maninjau, dan Sentarum. Selain itu pengembangnya juga akan membangun rumah vila di tepi danau. Danau buatan seluas 15 ha itu berada di tengah kawasan perumahan.

Irma menyebutkan, selain diskon  ratusan juta rupiah Asya juga memberikan cashback hingga Rp 30 juta, free BPHTB, dan  kitchen set.  Rumahnya hampir siap huni yang akan diserahkan antara Juli-Agustus 2021.  Sebagian rumah di klaster Matana sudah selesai dibangun demikian juga dengan fasilitas klaster, seperti club house dan kolam renang.

Selain tipe 147/168 ada beberapa tipe yang tersedia 115/98, 146/126 yang dibanderol Rp3 miliar dan Rp3,8 miliar. Setelah diskon harganya sekitar Rp2,7 miliaran dan Rp3,4 miliaran. Tipe lebih besar 180/153 dan 177/204 habis lebih dulu. Pilihan lain di klaster Maninjau yang tipe-tipe rumahnya lebih besar. Rumah lebih kecil ada di klaster Sentarum mulai tipe 80/84 yang dilengkapi kamar 2+1.

Asya termasuk salah satu hunian elit di Jakarta. Hunian seluas 70 ha ini dikembangkan  kongsi tiga developer, Astra Land, Modern Land, dan Hongkong Land. Lokasinya di kawasan Jakarta Garden City (370 ha), township yang dikembangkan Modernland. Lokasi Asya dekat dengan gerbang tol Cakung-Cilincing dan hanya beberapa ratus meter dari Aeon Mall dan IKEA Jakarta Garden City.