HousingEstate, Jakarta - Anda lagi bingung memutar dana Anda? Jangan biarkan berlama-lama. Investasikanlah  ke sektor properti. Tidak perlu takut, dengan pengalaman nol pun Anda bisa untung. Caranya? Cari agen properti yang sekaligus bertindak sebagai konsultan investasi. Ia akan dengan senang hati mengarahkan Anda  memilih properti yang bagus, baik dari segi harga maupun lokasi, agar setelah direnovasi dapat memperoleh keuntungan yang maksimal.

Modal yang Anda putar juga tidak harus banyak. Untuk rumah-rumah di sekeliling Bintaro Jaya, seperti di Graha Raya, Tangerang Selatan, Banten, menurut Nelius Jinarta, salah satu investor di Tangerang, cukup dengan modal Rp1,3 miliar atau bahkan kurang. Rinciannya, Rp1,1 miliar digunakan untuk membeli  rumah tua dengan luas kaveling 72-105 m2. Kemudian, yang Rp200 juta digunakan untuk biaya renovasi.

Dalam hal ini Nelius merenovasinya sendiri, karena sudah punya tukang langganan. Tapi Anda yang masih pemula tidak perlu berkecil hati  memikirkan pembangunannya. Bekerjasamalah dengan agen property yang punya rekanan kontraktor bagus. “Paling lambat renovasi tiga bulan, dan tiga bulan kemudian rumah sudah terjual,” ujar Elya, agen property ProSell di Bintaro Jaya.

Berdasarkan pengalaman Nelius, dalam jangka enam bulan ia rata-rata mendulang untung 20-30%. “Coba bandingkan dengan  deposito yang hanya sekitar 10%. Itu pun untuk masa satu tahun dan masih dipotong pajak lagi,” katanya.

Tips.

  1. Jalin hubungan dengan banyak broker atau  agen property, biar sering dapat informasi property-properti yang penjualnya BU alias Butuh Uang
  2. Pilihlah agen properti yang  memiliki jaringan luas dan menguasai  satu  kawasan.
  3. Pilihlah  agen yang sudah memiliki rekanan: konsultan arsitek dan kontraktor yang andal
  4. Pilihlah subsektor  properti yang  paling cepat laku jika dijual.
  5. Pilihlah kaveling, atau properti yang bangunannya tua, karena arahnya akan dibangun kembali
  6. Pilihlah properti yang  dijual di bawah harga pasar. Meskipun tidak setiap waktu ada, tapi broker berpengalaman  biasanya cepat mengetahui tentang  informasi  semacam itu.
  7. Jika mempercayakan ke perusahaan agen property, mintalah  dibuatkan  rencana anggaran biaya pembangunan
  8. Mintalah nasehat broker yang Anda pilih untuk memperkirakan berapa harga propertinya kelak setelah direnovasi agar punya perkiraan berapa Anda akan memperoleh keuntungan.
  9. Jika setelah dikalkulasi  keuntungan bersih   (setelah dipotong pajak dan fee broker)  minimal 20% dari total dana untuk beli dan renovasi, sangat layak menginvestasikan uang Anda di sini.