HousingEstate, Jakarta - Merujuk data Center for System Science and Engineering (CSSE) dari Johns Hopkins University (JHU), hingga awal Juni 2021 kasus baru penularan Covid-19 di Indonesia per harinya masih di atas angka 5.000 dan menempatkan Indonesia di posisi 20 besar negara dengan kasus terbanyak di dunia.

Hal ini menuntut kewaspadaan dan harus memerhatikan gaya hidup sehat dan melakukan berbagai pencegahan dengan berbagai cara. Produsen perangkat elektronik rumah tangga (home appliances) Sharp meresponnya dengan menghadirkan produk khusus yang dibutuhkan saat situasi pandemi ini.

“Kami selalu berupaya menghadirkan inovasi produk yang berguna bagi masyarakat seperti produk penjernih dan pendingin udara. Kedua produk dengan teknologi Plasmacluster yang telah terbukti klinis bisa melumpuhkan berbagai kuman, bakteri, dan virus sehingga memberikan udara segar dan sehat pada ruangan dan meningkatkan perlindungan kesehatan bagi seluruh keluarga,” ujar Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, dalam siaran pers yang diterbitkan, Jumat (18/6).

Sharp kembali meluncurkan rangkaian produk Air Purifier dengan menambahkan beberapa fitur untuk meningkatkan fungsi dan kualitas produk sebelumnya. Misalnya menambahkan fitur pelembab ruangan (humidifier) yang berfungsi mengontrol tingkat kelembaban di dalam ruangan yang biasanya kering karena AC sehingga udara di dalam ruang lebih nyaman.

Ada juga fitur andalan 6 Spot Air Detection yang mampu mendeteksi keadaan ruangan secara otomatis dan akan bekerja menyesuaikan kondisi udara pada ruangan tersebut. Fitur Plasmacluster Spot Mode yang bisa memberikan sebaran ratusan ribu Ion Plasmacluster pada satu titik area ruangan yang bermanfaat untuk menetralisir secara cepat bau tak sedap.

Ada juga produk untuk diletakkan pada ruangan luas hingga 62 m2 dengan muatan Plasmacluster High Density 25.000. Ada juga pre-filter untuk pembersih otomatis sehingga memudahkan pengguna dalam merawat produk ini. Filter pada produk ini diklaim bisa bertahan hingga 10 tahun dan produknya juga bergaransi hingga 10 tahun.

PCI & AC Product Strategy Manager Sharp Indonesia Yudha Eka Putra mengatakan, produk ini bisa dioperasikan selama 24 jam nonstop untuk menjamin kebersihan udara ruang dan tidak perlu khawatir dengan daya listriknya. Dirancang untuk digunakan nonstop membuat produk ini sangat hemat energi listriknya.

“Produk ini juga sudah AIOT sehingga bisa dihubungkan ke smartphone melalui aplikasi Sharp Air. Pengguna bisa memonitor keadaan kualitas udara maupun temperatur, kelembaban udara rumah, kandungan debu di sekitar ruangan secara real time kendati sedang tidak berada di rumah. Aplikasi juga bisa mengingatkan pengguna untuk membersihkan atau mengganti filter,” jelasnya.

Teknologi Plasmacluster sendiri telah teruji keandalannya untuk menghambat pertumbuhan jamur, bakteri, dan virus di udara sejak tahun 2000. Sharp juga telah bekerja sama dengan 30 lembaga penelitian independen di 12 negara dunia. Karena itu teknologi ini juga dibenamkan ke beberapa produk  lain seperti lemari es, vacuum cleaner, hair dryer, dan AC.

Sharp juga meluncurkan rangkaian produk terbaru dari jajaran AC dengan kapasitas 0,5, 1, dan 1,5 PK dengan beberapa penembahan fitur  untuk meningkatkan kenyamanan pengguna. Produk AC terbarunya juga memiliki sistem AIOT yang bisa dioperasikan dari jarak jauh lewat smartphone. Juga ada sensor gerak sehingga bisa mengatur tingkat pendinginan secara otomatis.

“Produk Air Purifier dipasarkan dengan harga Rp3,6 juta-Rp10,5 juuta sementara AC Rp7,6 juta-Rp10 juta. Kami menargetkan penjualan dari produk Air Purifier ini mencapai 120 ribu unit per tahun sementara dari AC 60 ribu unit. Saat ini kedua produk sudah tersedia di toko-toko  rekanan Sharp maupun dibeli secara online,” imbuh Yudha