HousingEstate, Jakarta - Pandemi membuat sebagian besar bisnis anjlok atau tiarap dan pendapatan kebanyakan orang merosot tajam. Namun, tidak bisa dibantah juga, sebagian orang memiliki cadangan dana yang memadai untuk bertahan selama resesi ekonomi, yang sebagian di antaranya dipersiapkan untuk membeli rumah. Hanya, karena adanya pandemi, mereka menunda merealisasikan pembelian rumahnya.

Sikap yang kurang tepat sebenarnya. Pasalnya, selama pandemi banyak penawaran rumah dengan harga murah di berbagai segmen pasar di lokasi yang strategis, baik yang baru maupun seken, di dalam atau di luar perumahan. Penawaran rumah-rumah seharga itu sangat sulit didapatkan sebelum pandemi. Anda bisa melihat penawaran rumah-rumahnya antara lain di listing ProSell, sebuah perusahaan pemasar properti profesional di Bintaro Jaya, Tangerang Selatan,  yang memajang listing produk propertinya antara lain di portal rumah.com.

Kebayoran Arcade dan Grand Parigi

Sebagai contoh di segmen menengah atas, ProSell memasarkan rumah dua lantai tipe 110/84 di townhouse Kebayoran Arcade. Kamar tidurnya 3 dan kamar mandinya 3, plus carport yang bisa menampung 2 mobil. Rumah sudah dilengkapi glass canopy, 2 unit AC, 1 water heater, dan 1 profil tank. Desain daan kualitas bahan bangunannya sangat memenuhi ekspektasi kaum urban.

Lokasinya di Jl H Soim, Pondok Pucung, Pondok Aren. Tangerang Selatan, sekitar 100-an meter saja dari Sekolah BPK Penabur di koridor bulevar utama kota baru Bintaro Jaya. Harganya hanya Rp1,9 miliar all in alias tanpa aneka biaya lagi. Saat ini stoknya tinggal 5 unit. Anda harus merogoh kocek lebih dari Rp2,2 miliar untuk mendapatkan rumah dengan luas dan kualitas seperti itu di Bintaro Jaya.

Grand Parigi, lokasi dekat CBD Bintaro Jaya

Kalau rumah itu masih dirasa ketinggian, anda bisa membeli rumah di Grand Parigi di Jl Manunggal V Parigi, Tangerang Selatan, beberapa ratus meter saja dari kawasan distrik pusat bisnis (CBD) Bintaro Jaya yang saat ini terus dikembangkan dan sudah dilengkapi akses tol Parigi di ruas tol JORR 2 Cinere-Serpong-Kunciran. Tipe rumahnya sama, 2 lantai 120/84 berisi 3 kamar tidur dan 3 kamar mandi plus carport. Kualitas desain dan spek bangunannya juga sama bagusnya. Harganya Rp1,37 miliaran saja per unit inden 6 bulan. Saat ini masih tersisa 4 unit.

Dua lantai 143/88 Rp1,5 miliar di Jakarta

Anda menginginkan beli rumah di rentang harga yang sama tapi lokasinya di Jakarta? ProSell juga memasarkannya. Antara lain, 2 unit rumah townhouse di kawasan Jl Ali, Cipayung, Jakarta Timur. Lokasinya dekat dengan Pelatnas Bulutangkis Cipayung dan hanya 1 km dari jalan tol JORR Ulujami-TMII-Cikunir, mudah diakses dari berbagai penjuru Jabodetabek, dikelilingi banyak fasilitas umum, bebas banjir, dan harga sangat bersahabat.

Rumah 2 lantai tipe 148/98 misalnya, ditawarkan hanya Rp1,65 miliar saja daan masih bisa ditawar. Sedangkan tipe 143/88 cuma Rp1,5 miliar dan masih bisa dinegosiasikan. Rumahnya sudah hampir jadi dengan kualitas desain dan spek bangunan memuaskan. Stok rumahnya tinggal 2 unit. Setiap rumah dilengkapi 3 kamar tidur plus 1 kamar pembantu. Pembelian bisa tunai atau dengan KPR. Semua rumah sudah dilengkapi SHM. Saat ini tidak mungkin lagi mendapatkan rumah berkualitas yang luas di lokasi yang bagus di Jakarta dengan harga Rp1,5 miliar.

Seken 108/87 Rp1,2 miliar di Pasar Rebo

Masih banyak pilihan rumah lain dengan luas, kualitas, dan harga hampir setara, baik baru maupun seken siap huni, di Jakarta atau Bodetabek. Misalnya, rumah seken bebas banjir dan green tipe 108/87 di Pasar Rebo (Jakarta Timur), 150/206 di Jurangmangu Permai (Tangerang Seatan), dan 110/72 di Bukit Griya Cinere (Kota Depok), serta rumah baru inden tipe 148/98 di townhouse Terrahouse (Tangerang Selatan) dekat sektor 7 kota baru Bintaro Jaya. Harga rumah-rumah di atas ditawarkan antara Rp1 miliaran sampai Rp1,6 miliaran (nego).

Sangat terjangkau di The Palace

Sebagian orang mungkin bergidik mendengar rumah seharga miliaran rupiah. Kalau begitu, pilih rumah yang lebih kecil di lokasi lain di Bodetabek. Contoh bagus, The Palace (108 unit) di Jalan Teluk Bayur, koridor Jalan Tole Iskandar, di dalam Kota Depok, yang sudah padat dengan hunian dan dilengkapi banyak fasilitas publik di sekitarnya. Akses ke berbagai penjuru Jabodetabek juga mudah melalui jalan tol atau non tol serta KRL. Harga rumahnya sangat terjangkau dibanding lokasi dan luas bangunan/kavelingnya. Spek bangunannya juga memuaskan. Saat ini 2 rumah contoh satu lantai sudah jadi di lokasi proyek.

The Palace, rumah dua lantai di tengah Kota Depok harga Rp900 jutaan

Tipe rumahnya 48/72 dan 48/78 satu lantai seharga Rp645 juta dan Rp680 juta, dan 70/105 dua lantai seharga Rp940 juta. Harga sudah all in kecuali biaya KPR (bila pembelian dilakukan dengan KPR). Pembelian secara tunai mendapat diskon Rp50 juta per unit. Jadi, untuk rumah tipe 48/72 anda cukup membayar Rp590 juta saja. Setiap rumah langsung mendapat SHM. Saat ini tak ada lagi penawaran rumah berkualitas seharga itu di pusat Kota Depok. Bagi yang menginginkan rumah di dalam Kota Bogor, pilihan dengan harga yang hampir sama antara lain ada di Bulevar Bukit Kayu Manis, beberapa menit dari gerbang tol Kayu Manis di jalan tol BORR.

Hasana Residence yang berkualitas dan murah

Kebanyakan kaum muda yang baru 3-5 tahun bekerja mungkin masih sulit mendapatkan rumah seharga Rp500 jutaan sekalipun. Untuk itu jangan kecil hati. Ada pilihan rumah yang cocok untuk Anda. Salah satunya Hasana Residence (50 unit) di kawasan Daru, Kabupaten Tangerang. Jangan buru-buru kecil hati mendengar lokasinya, karena hanya 10-an menit berjalan kaki dari Stasiun Daru di jalur KRL Jakarta-Rangkas Bitung. Dengan sepeda motor hanya 2-3 menit. Housingestate.id sudah membuktikannya. Lokasi perumahan, akses dan suasana lingkungannya nyaman.

Bagi kaum muda yang beraktifitas di kawasan Kebayoran Lama, Senayan, Permata Hijau, Simprug, Mayestik dan sekitarnya di Jakarta Selatan, rumah-rumah di Hasana Residence pilihan yang tepat. Dari stasiun Kebayoran ke stasiun Daru hanya 45 menit. Housingestate.id juga sudah menjajalnya sendiri. Jadi, anda hanya butuh total 1 jam berangkat kerja di berbagai kawasan di Jakarta Selatan itu dari Hasana Residence dengan ongkos KRL Rp4.000 sekali jalan. Bahkan, bagi yang bekera di kawasan Serpong dan Bintaro, waktu tempuhnya lebih cepat lagi.

Kelak lokasi perumahan berada di jalan utama yang akan dibangun pemerintah dari Serpong ke Maja, dan sekitar 4 km dari rencana pintu tol BSD-Balaraja. Desain dan kualitas bangunan rumahnya keren. Tipenya hanya satu, 37/60 plus satu lantai dengan spesifikasi bangunan berkualitas. Rangka atapnya baja ringan bersertifikat, genteng Cengkareng Permai, plafon gipsum Jayaboard, dinding bata aerasi diplaster, diaci, dan dicat, jendela aluminium Alexindo, pintu hasil pabrikasi dengn finishing duko, lantai keramik 40×40, kloset jongkok, tangki septik Bio septic tank, dan setiap rumah sudah dilengkapi kanopi carport yang keren plus meja dapur dan sink-nya. Harga rumahnya Rp248 juta all in. Diskon Rp15 juta/unit untuk pembelian secara tunai. Pembelian bisa juga dengan KPR. Sangat menarik, bukan?

Beli tanah dapat rumah

Sementara bagi yang simpanan uangnya lebih besar, pilihan rumah dengan harga murah di segmen atas lebih banyak lagi. Lokasinya beragam di dalam dan di luar kawasan real estate, seperti rumah seken bebas banjir di Kemang Utara (Jakarta Selatan) dan rumah seken di Bintaro Permai (Jakarta Selatan). Keduanya sudah dilengkapi IMB dan SHM. Rumah di Kemang Utara misalnya, luas bangunannya 200 m2 di atas kaveling 492 m2 dan ditawarkan hanya Rp12 miliar (nego sedikit). Yang dihitung hanya tanahnya seharga Rp24 jutaan/m2. Padahal, bangunannya masih bagus, hanya perlu diperbaharui desain layout, cat serta sejumlah material bangunannya. Jadi, beli tanah dapat rumah.

Begitu pula rumah di Bintaro Permai. Kendati bangunannya masih oke, yang dihitung hanya tanahnya seharga Rp18 juta/m2 (nego) atau sekitar Rp8 miliar/unit. Luas bangunannya 300 m2 dan kaveling 442 m2. Lokasi rumah berada di jalan utama yang ramai. Karena itu selain untuk tempat tinggal, bisa sekaligus difungsikan sebagai properti komersial. Jadi, beneran cenglie beli rumah saat pandemi.

Masih banyak pilihan rumah lain yang murah di listing ProSell. Anda bisa mengaksesnya secara daring sebelum menjatuhkan pilihan. Kalau sudah punya uang, jangan menunggu pandemi berakhir, baru merealisasikan pembelian rumahnya Anda tidak mungkin lagi mendapatkan harga-harga seperti yang dipaparkan di atas.