HousingEstate, Jakarta - PT Onduline Indonesia, produsen produk atap bitumen ramah lingkungan Onduline dan Onduvilla, terus berekspansi saat pandemi. Setelah sebulan lalu melansir produk pelapis anti bocor berbahan dasar fiber semen (cement based waterproofing) Onducoat Bionic Fiber, bulan ini merilis waterproofing berbahan polyurethane acrylic Onducoat PA.

Mengutip siaran pers Onduline yang diterima housingestate.id pekan ini di Jakarta, kelebihan utama Onducoat PA, elastisitas atau elongasi-nya tinggi hingga 400%. Jadi, bisa melapisi struktur bangunan baik horisontal maupun vertikal, interior atau eksterior, dengan daya rekat kuat. Permukaan yang dilapisi diklaim tahan retak, anti jamur dan bakteri, serta tahan terhadap paparan hujan asam dan sinar matahari, sehingga bangunan terlindungi dari bocor dan rembes.

Technical Manager Onduline Indonesia Stevanus Iwan Setiawan, menjelaskan, area dak beton yang terpapar langsung sinar matahari harus dilapisi dengan waterproofing yang memiliki elongasi tinggi. Kalau tidak, waterproofing yang melapisi dinding akan mudah retak dan merembeskan air ke dalam rumah saat hujan. “Karena itu kita perlu waterproofing yang memiliki tingkat melar yang tinggi seperti Onducoat PA, supaya lapisan yang menutupi dinding tidak retak saat menahan pergerakan bangunan,” katanya.

Selain struktur beton seperti dak, talang dan plat lantai, Onducoat PA juga cocok diaplikasikan pada permukaan lain seperti planter box, dinding luar, pagar kayu, atap metal, genteng beton, genteng tanah liat, aspal, aluminium, polystyrene, plastik dan polyester. Misalnya, saat ini banyak rumah memakai atap metal yang memiliki muai susut tinggi. “Jadi, kalau mau mengaplikasikan waterproofing pada atap itu, harus yang lapisannya super elastis melar-susutnya,” jelasnya.

Aplikasi Onducoat PA memiliki ketebalan 1 mm atau setara 1.000 mikron oper lapis. Untuk hasil maksimal, aplikasi disarankan 2-3 lapis. Permukaan yang hendak dilapisi harus rata, bersih dan kering. Pelapisan Onducoat PA bisa dengan kuas, rol atau alat semprot tanpa perlu dicampur dengan serabut atau air. Aplikasi dilakukan secara berlawanan vertikal dan horizontal, sehingga bidang yang dilapisi tertutup rapat.

Produk tersedia dalam kemasan 4 kg dan 18 kg seharga Rp336.800 dan Rp1,17 juta dengan warna abu-abu dan putih. Kemasan 4 kg disebut Iwan bisa menutupi bidang lantai seluas 8-10 m2 dan dinding 8-12 m2 sekali lapis. Saat ini semua produk Onduline termasuk Onducoat PA tersedia di supermarket bahan bangunan Mitra10.

Pandemi  memberikan akselerasi positif bagi Onduline meningkatkan pertumbuhan kinerja. “Sudah waktunya kami melangkah ke industri complete system, dari perusahaan genteng ke produk bahan bangunan lain. Juga tak menutup kemungkinan kami juga turun ke industri solar panel,” ungkap Reissa Siregar, Marketing Communications Manager Onduline Indonesia.