HousingEstate, Jakarta - Sejak Pandemi Covid-19 melanda Indonesia mulai Maret tahun lalu tidak banyak proyek property yang membukulan penjualan meningkat. Dari sederet kecil proyek itu salah satu di antaranya Tanjung Bunga di Jl Metro Tanjung Bunga, Makassar, Sulawesi Selatan.

Penjualan property di kota baru seluas 1000 ha yang dikembangkan PT Gowa Makassar Tourism Development (GMTD), Tbk, ini pada semester pertama 2021 naik 20 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Penjualan periode Januari sampai dengan Juni mayoritas berasal dari penjualan  rumah middle low berharga Rp300 jutaan hingga Rp500 jutaan di klaster Rosemary, Vinca, dan Liaurus di kawasan Green River View. “Permintaan rumah middle khususnya yang on progress pembangunan dan ready stock masih tinggi,” ujar M. Harrys H, Associate Director PT GMTD Tbk kepada www.housingestate.id, Kamis (22/7).

Saat ini developer sedang memasarkan rumah middle low di klaster Bouvardia yang menawarkan rumah mulai tipe 30/60, tipe 30/55, tipe 33/60, dan tipe 43/75 berharga mulai Rp300 jutaan hingga Rp430 jutaan.

Kemudian penjualan rumah ready stock berharga Rp1-2 miliaran yang memanfaatkan stimulus Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 21/2021  tentang pembebasan PPN juga cukup tinggi. Rumahnya tersebar di beberapa klaster seperti klaster Rosewood, Amarylis, dan Blossom.

Pada awal Juni lalu, Tanjung Bunga merilis komplek ruko baru  Rio Grande (100) unit. Luas bangunannya 45 m2 dengan ukuran kavling 4,5 m x 16 m berharga Rp560 juta. Ruko satu lantai ini terletak di jalan utama kawasan Green River View.

Saat pemasaran tahap pertama yang menawarkan 49 unit, terjual 70 persen. “Lumayanlah di saat pandemi terjual 34 unit. Prospeknya bagus apalagi memiliki captive market konsumen 3.500 KK yang tinggal di 12 klaster di kawasan Green River View,” tambah Harrys.

Tanjung Bunga saat ini sudah dihuni 8.000 KK. Fasilitas di dalam kawasan sudah komplit. Untuk  sarana pendidikan, selain Sekolah Dian Harapan (TK- SMA), tersedia juga Politeknik Pelayaran dan Pariwisata. Kemudian mal, RS Siloam, hotel  berbintang, dan Trans Studio di Jl. Metro Tanjung Bunga.