HousingEstate, Jakarta - Pemerintah secara resmi telah memperpanjang insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang semula berlaku Maret-Agustus sekarang hingga akhir 2021. Perpanjangan insentif PPN ini dituangkan dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 103 Tahun 2021.

Properti yang sudah jadi (ready stock) harga maksimal Rp2 miliar akan mendapatkan diskon PPN 100 persen, sedangkan property yang harganya di atasRp2 miliar hingga maksimal Rp5 miliar memperoleh diskon PPN 50 persen.

“Kebijakan insentif PPN ini merupaka langkah strategis pemerintah untuk mendorong sektor properti yang memiliki industri turunan lebih dari 170 subsektor industri padat kerja. Insentif ini telah menjadi stimulus yang meningkatkan pasar properti sehingga terus menggerakkan roda perekonomian nasional,” ujar Indra Syahruzza, Direktur Pemasran PT Adhi Commuter Properti (ADC), pengembang proyek LRT City Jabodetabek, dalam keterangannya Sabtu (14/8).

LRT City Bekasi-Eastern Green di Jl HM Joyo Martono, Bekasi Timur, Bekasi, Jawa Barat, merupakan salah satu apartemen yang mendapatkan berkah diskon PPN 100 persen itu.

Termasuk LRT City-Eastern Green, ADCP saat ini tengah mengembangkan 12 proyek hunian seluruhnya berkonsep transit oriented development (TOD). LRT City Bekasi-Eastern Green lokasinya selain berada di mulut tol BekasiTimur, juga 0 km atau terintegrasi dengan Stasiun LRT Jatimulya.

Menurut Project Director LRT City Bekasi-Eastern Green Setya Aji Pramana, insentif PPN sangat terasa dan konsumen yang membeli semakin antusias karena produk yang dipasarkan telah siap huni, bebas PPN plus berbagai kemudahan cara bayar yang diberikan pengembang.

“Konsumen antusias karena progres pembangunan apartemen dan jaringan kereta LRT juga sangat baik. Daya tarik LRT City Bekasi-Eastern Green lainnya dilengkapi  Green Walk Mall yang akan dibuka akhir tahun ini. Untuk sarana LRT sekarang tengah menjalani testing dan commisioning. Menurut jadwal akan beroperasi secara komersial  awal Juli 2022,” katanya.

Untuk promo tambahan, Aji menyebut konsumen akan mendapatkan tawaran uang muka 0 persen, promo cicilan Rp3 jutaan selama 3 tahun, gratis furnitur, hingga mendapatkan garansi sewa untuk unitnya.

LRT City Bekasi-Eastern Green dibangun di atas lahan seluas 1,4 ha yang mencakup dua tower, Tower Primrose (634 unit) dan Clove (302 unit). Unit apartemen yang ditawarkan mulai studio (27,21 m2), 1 kamar (41,9 m2), dan 2 kamar (50,51 m2) seharga Rp600 jutaan-Rp1,1 miliar.

LRT juga akan menjadi sarana utama untuk aksesibilitas ke seluruh kawasan Jabodetabek dengan aman, cepat, dan efisien. LRT Bekasi Timur akan membawa tiga gerbong yang bisa memuat 400 orang dengan waktu kedatangan kereta setiap tiga menit. Jalur track LRT akan mencapai 68,1 km untuk tahap pertama ini.

LRT City Bekasi-Eastern Green juga bukan hanya terintegrasi dengan Stasiun LRT Jatimulya tapi juga dengan Bus Rapid Transit (BRT) Transjabodetabek. Lokasinya juga sangat strategis karena bersisian dengan exit tol Bekasi Timur. Penghuni juga akan dimudahkan untuk mengakses berbagai fasilitas baik ke stasiun maupun mal dengan jembatan penghubung.

“Keunggulan lokasi, fasilitas, maupun integrasi dengan transportasi publik menjadikan proyek ini menjadi sangat lengkap sebagai sebuah hunian dan lifestyle. Kami juga mengusung konsep hunian Your Smart Move yang menerapkan banyak aplikasi teknologi seperti smart home, smart card, smart App, dan sebagainya. Penghuni juga akan dimanjakan dengan fasilitas public space seperti kolam renang, playground, green edge plaza, dan sebagainya,” kata Aji.