HousingEstate, Jakarta - Adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk menekan laju penularan  covid-19 akhir-akhir ini menuntut sebagian besar orang menahan diri beraktivitas di luar rumah. Rumah menjadi  sentra aktivitas sehari-hari. Tapi karena berada di ruang terbatas  cukup lama banyak diantaranya yang dilanda kejenuhan.

Dalam konteks ini peran ibu sangat diperlukan agar suasana di rumah selalu menyenangkan. Kebersihan terjaga,  ada aktivitas bersama yang dapat dilakukan keluarga, dll. Ada satu hasil survei yang menunjukkan 74 persen perhatian ibu di rumah focus pada kebersihan rumah dan keluarga, kemudian  57 persen para ibu selama pandemic berupaya mencari cara bagaimana agar anak-anaknya tetap sibuk.

Ibu sebagai motor penggerak sekaligus navigator utama di rumah  selain menjaga kebersihan demi kesehatan keluarga juga memikirkan solusi agar seluruh keluarga tetap nyaman dan bisa berkreasi di rumah dengan menyenangkan.

Menurut Indra Laban, Presiden Direktur PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), semua energi positif bersumber dari kondisi rumah, karena itu rumah harus bisa dibuat nyaman dan mendukung seluruh kegiatan keluarga untuk bisa menghadirkan ketenangan.

“Rumah menjadi faktor utama dan harus diperhatikan. Untuk itu kami menyiapkan produk yang tepat. Misalnya  Dulux EasyClean Anti-Viral untuk membuat setiap sudut-sudut rumah menjadi spot yang hangat dan menyenangkan bagi setiap anggota keluarga,” ujarnya.

Dengan produk ini bisa dihasilkan dinding yang lebih terlindungi sehingga kita bisa mudah untuk menghapus noda di dinding. Hal ini dimungkinkan dengan KodProof+ Technology yang dirancang  mudah dibersihkan sekaligus anti bakteri dan mencegah pertumbuhan kuman-bakteri.

Indra mengajak setiap keluarga  mengerjakan sendiri mengubah tampilan dinding dengan produk ini. Kegiatan mengecat bersama keluarga akan bisa membangun kebersamaan dan terus meningkatkan kasih sayang antar keluarga. Ini sekaligus menjadi alternatif kegiatan di rumah yang menyenangkan sehingga membuat kita tetap sehat.

Dulux juga menggandeng Psikolog Keluarga Saskhya Aulia Prima untuk terus membangun kebersamaan dengan melakukan berbagai hal positif di  rumah. Menurut Saskhya, ketenangan hati seorang ibu menjadi sangat penting di saat situasi yang tidak menentu selama pandemi.

“Kuncinya bagaimana bisa menciptakan suasana rumah tetap tentram dan nyaman. Banyak sekali ketidakpastian  di luar kendali kita, karena itu untuk mendapatkan rasa ketenangan dan kenyamanan kita perlu fokus pada hal-hal yang bisa kita kendalikan. Salah satunya mengusahakan suasana rumah agar tetap nyaman sehingga mendukung kita  menjalankan rutinitas harian dengan lebih menyenangkan,” katanya.

Diperlukan mindset positif untuk kita semua lebih mudah mencari solusi dari kebosanan saat melakukan semua kegiatan dari rumah. Perlu kreatifitas untuk terus menunjang tumbuh kembang anak-anak dan itu semua dibutuhkan sosok ibu yang tenang sehingga energi positif itu bisa menular untuk seluruh anggota keluarga.

Akhirnya, Dulux dan Saskhya berbagi tip khususnya untuk ibu yang menjadi penggerak utama ketenangan hati seluruh keluarga:

  • Memastikan kondisi rumah bisa memberikan ketenangan mulai dari aspek kebersihan, keteraturan, dan kerapihan ruangan.
  • Mengatur benda-benda di dalam rumah aman untuk si kecil yang punya kebutuhan tinggi dalam bereksplorasi.
  • Secara teratur melakukan sesi spesial untuk masing-masing anggota keluarga agar kebutuhan emosional satu sama lain terpenuhi.
  • Menyediakan waktu untuk diri sendiri (me time) dengan suasana yang membantu ibu lebih rileks (misalnya ruangan rapi, melengkapi dengan aroma yang menenangkan, minuman hangat) sambil melakukan hal yang ibu senangi.
  • Mengelola ekspektasi harian untuk tidak menjadi orang tua yang sempurna di masa-masa yang penuh dengan ketidakpastian ini. Lebih baik memfokuskan diri untuk mensyukuri hal-hal yang membuat kita bisa bertahan menjalani hari.

“Kami sendiri meyakini, ketenangan hati merupakan pondasi dari kesehatan mental dan tumbuh kembang keluarga juga bisa membantu ibu untuk menjaga persepsi yang lebih positif di tengah-tengah kondisi yang sulit ini. Dengan ketenangan membuat kita mampu melihat kesempatan-kesempatan yang bisa dimanfaatkan untuk tumbuh kembang anak dan tentu saja ketenangan keluarga,” beber Indra.