HousingEstate, Jakarta - Pabrikan produk elektronik rumah tangga (home appliances) Sharp Indonesia  pada saat pandemi Covid-19 ini juga membuat  perangkat yang paling dibutuhkan orang untuk menghindari penularan virus, yaitu pelindung wajah (face shield).

Kelebihan produk ini  menggunakan Moth-eye Technology yang dikembangkan berdasarkan riset dengan mengadopsi struktur dan cara kerja mata  ngengat (binatang kecil yang suka makan kertas). Bahan utama yang digunakan juga biasa digunakan untuk membuat produk CD-DVD dan  lampu LCD, yaitu resin asam akrilik yang khusus dikembangkan agar memiliki transparansi tinggi, refleksi rendah, dan bisa membuat uap mengering dengan cepat sehingga permukaannya  anti-kabut.

“Produk ini kami hadirkan dalam empat varian untuk pelindung wajah dengan kualitas material dan desain yang berbeda. Seluruh produk face shield yang kami kembangkan memiliki tingkat transparansi  99 persen sehingga membuat pandangan pengguna lebih jelas,” ujar Ardy, Head of AUVI Product Strategy Department PT Sharp Electronics Indonesia dalam siaran pers yang diterbitkan Kamis (26/8).

Pelindung wajah Sharp ini memiliki permukaan yang halus namun tidak rata layaknya mata ngengat. Permukaannya bisa memecah refleksi cahaya sehingga dapat mereduksi pantulan cahaya dengan tingkat refleksi permukaan sama dengan 0,3 persen per permukaan yang membuat wajah pengguna tetap terlihat jelas kendati terpapar sinar yang terang. Struktur ini juga memberikan manfaat lain seperti mencegahnya berembun.

Pelindung wajah ini dirancang oleh Mr. Oura, seorang desainer kacamata asal Jepang yang banyak menerima penghargaan Good Design Award, produk face shield Sharp ini memberikan fungsi perlindungan namun tetap nyaman digunakan selain membuat penggunanya terlihat stylish.

Materialnya menggunakan titanium alloy yang ringan dengan bingkai diproduksi langsung di Sabae, Fukui, yang merupakan lokasi industri pembuatan kacamata terbaik di Jepang sejak  100 tahun lalu. Lapisan film yang digunakan produk ini dibuat oleh anak perusahaan Sharp di Yonago, Totori.

“Produk face shield ini juga memiliki lapisan film anti gores dan tetap baik setelah diseka dengan alkohol hingga seribu kali atau bisa digunakan hingga setahun dengan rata-rata pengelapan tiga kali per hari. Bobotnya hanya 25 gram dan produk ini telah tersedia di laman ekslusif Sharp E-Store dengan harga Rp299 ribu,” jelas Ardy.