HousingEstate, Jakarta - PT PanaHome Deltamas Indonesia, bagian dari Panasonic Group, telah memulai penjualan dan pembangunan untuk 18 unit smart home di Cluster Asa, Savasa (37 ha) Kota Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. PT PanaHome Deltamas Indonesia merupakan perusahaan joint venture antara Panasonic Home dengan Sinar Mas Land (SML).

Cluster Asa dibangun dengan berbagai kelebihan. Selain menerapkan konsep smart home, developer juga memperkaya dengan complete air management system berupa fitur smart living dan teknologi bangunan tahan gempa. Sistem manajemen udara yang diterapkan ini untuk memastikan udara di dalam rumah selalu bersih, sehat, dan segar.

Menurut Wulang Nur, Co-General Manager PanaHome Deltamas Indonesia, salah satu tantangan pada sebuah rumah yaitu berbagai polutan dan konsentrasi kandungan kimia berbahaya yang dikeluarkan oleh bahan bangunan maupun produk furnitur di dalam rumah. Peningkatan konsentrasi aneka polutan ini bisa terkonsentari menjadi CO2 yang akan mengurangi kenyamanan bahkan berbahaya secara jangka panjang untuk penghuni.

“Complete air management system dari Panasonic merupakan sistem manajemen kualitas udara cerdas baru yang secara terus menerus akan mendeteksi kualitas udara dalam ruangan. Sistem ini terdiri dari  pendingin ruangan terbaru Panasonic dengan teknologi Nanoe X, sistem ventilasi, dan remote control IAQ (indoor air quality). Dengan sistem ini penghuni bisa memeriksa, memantau, maupun mengelola kualitas udara di rumah,” katanya.

Konsep ini juga semakin aktual karena kita harus menghabiskan waktu lebih banyak di dalam rumah akibat pandemi Covid-19. Sistem pemantauan maupun kontrol udara yang ditawarkan Panasonic memberikan solusi ideal penginderaan otomatis dan kontrol operasi pada sistem pendinngin udara dan ventilator.

Dengan sistem ini pemilik dapat memantau kualitas udara di dalam ruangan dengan remote control IAQ atau dari perangkat smartphone saat berada di luar rumah. Hal ini bisa menjadikan kualitas udara di dalam rumah selalu terpantau dan terjamin kualitasnya. PanaHome sendiri terus berupaya supaya konsumen lebih memerhatikan kualitas udara di dalam rumah dan agar konsep seperti  ini diadopsi oleh banyak pihak sehingga bisa menciptakan udara yang lebih sehat.

“Savasa merupakan perumahan yang dikembangkan oleh PanaHome Deltamas yang fokus pada empat konsep smart yaitu smart township, smart security, smart home, dan smart community. Kami akan membangun sebanyak 2.500 unit rumah dan klaster pertama sudah mulai diserahterimakan sejak Juli tahun lalu. Kami juga memiliki unit ready stock  yang bisa dibeli dengan insentif bebas PPN,” beber Wulang