HousingEstate, Jakarta - Rumah tapak (landed houes) telah menjadi penopang penjualan perusahaan developer saat pandemi Covid-19. Kinerja perusahaan properti yang menggeluti landed house terus meningkat seperti dilaporkan beberapa emiten perusahaan properti yang telah merilis laporan keuangannya hingga kuartal kedua tahun 2021.

Menurut lembaga pemeringkatan global Moodys, permintaan untuk segmen produk residensial di Indonesia ini masih akan terus meningkat dan hal itu akan berdampak positif terhadap perusahaan pengembang untuk periode 6-12 bulan ke depan yang selama pandemi kinerjanya ditopang oleh produk rumah tapak.

Salah satunya PT Lippo Karawaci, Tbk.  dan PT Lippo Cikarang, Tbk. yang mencatatkan rata-rata pertumbuhan mencapai 30 persen. Lippo Karawaci misalnya, pada semester pertama 2021 mencatatkan pendapatan final setelah dikurangi pajak Rp7,06 triliun atau tumbuh 33,96 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp5,27 triliun.

“Peningkatan ini ditopang oleh strategi penjualan landed house Lippo Karawaci yang mengemas produk propertinya untuk segmen di bawah Rp1 miliar dengan menyasar kalangan milenial first time home buyer. Hingga saat ini Lippo Karawaci telah berhasil meluncurkan delapan klaster perumahan yang semuanya mencatat sukses dengan rata-rata penjualan 500-600 unit  sold saat acara launching,” ujar John Riady, CEO Lippo Karawaci dalam siaran pers yang diterbitkan Rabu (22/9).

Klaster kedelapan Cendana Parc North di Lippo Village Karawaci yang diluncurkan pada 11 September 2021 yang menawarkan 680 unit rumah tapak dua lantai bisa sold out dalam waktu 5 jam. Dari Cendana Parc North ini Lippo berhasil membukukan pra-penjualan (marketing sales) sebesar Rp614 miliar.

John menyebut, capaian ini membuat pihaknya optimistis bisa menutup tahun 2021 dengan keberhasilan menggenapi target pra-penjualan Rp4,2 triliun, naik 20 persen dari target semula Rp3,5 triliun. Cendana Series  diluncurkan sejak tahun lalu atau setelah memasuki situasi pandemi Covid-19. Kelebihan dari rumah di Cendana Series antara lain memiliki lokasi dan fasilitas kota baru yang sudah sangat matang.

“Kami optimistis akan segera mencapai target tersebut dengan didukung oleh penjualan produk apartemen yang baru selesai konstruksi serta kelanjutan penjualan lahan industri dan properti komersial di Lippo Cikarang. Klaster perumahan Waterfront di Lippo Cikarang juga terus melanjutkan proses serah terima sementara klaster Cendana Series yang diluncurkan tahun lalu juga terus melanjutkan proses serah terima,” jelasnya.