HousingEstate, Jakarta - Lantai merupakan elemen penting sebuah rumah,  untuk itu saat kita  membangun ataupun merenovasi harus menggunakan produk yang tepat dan pemasangan yang tepat pula. Karena material sebagus apapun  bila pengaplikasiannya tidak tepat maka hasilnya tidak akan memuaskan.

Untuk bahan pendukung pemasangan material lantai lazimnya terdiri atas campuran semen, pasir, dan air, sebagai perekat ubin, serta semen sebagai pengisi nat (celah antar ubin).  Tapi sekarang telah banyak produk khusus untuk perekat ubin dan pengisi nat untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Menurut Antony Kostka, General Manager Commerce PT Adhi Cakra Utama Mulia, distributor produk pelapis anti bocor (waterproofing coating) Aquaproof, penggunaan pengisi nat yang serampangan akan menyebabkannya mudah lepas kemudian menjadi celah masuknya kotoran dan kuman yang membuat tampilan lantai tidak indah serta berisiko copot.

“Berdasarkan berbagai permasalahan yang kerap terjadi seputar lantai maupun dinding, Aquaproof mengkreasikan produk pengisi nat  Supergrout A+. Pengisi nat siap pakai Supergrout A+ ini memiliki ketahanan terhadap cairan pembersih yang bersifat asam dan bahan kimia lainnya sehingga nat tidak mudah terkikis dan retak. Cocok digunakan pada area kamar mandi dan dapur,” ujarnya.

Supergrout A+ dirancang dengan berbagai bahan seperti Polymerized Acid Resistant Technology  menghasilkan produk pengisi nat yang memiliki daya lekat yang sangat kuat, warna tahan lama, tahan jamur dan lumut, tidak menyusut, dan mudah dibersihkan. Produknya tersedia dalam tujuh warna yang bisa digunakan untuk pengisi nat keramik, marmer, mozaik, dan sejenisnya.

Produk ini juga telah dilakukan berbagai pengujian dengan direndam berbagai bahan cairan HCI 3 persen, asam sitrat, natrium bisulfat, asam cuka, soda api, hingga minuman berkarbonasi. Dibandingkan lantai yang menggunakan pengisi nat biasa, lantai yang menggunakan Supergrout A+ memiliki ketahanan yang lebih baik bahkan saat pengujian dengan direndam HCI 20 persen selama satu jam menunjukan kualitas nat masih sangat baik.

Untuk hasil maksimal, Antony  memberikan beberapa tip aplikasi. Pastikan celah ubin yang akan diisi kondisinya kering dan bersih dari kotoran. Aduk Supergout A+ dengan air 3:1 secara merata dan tuangkan ke bagian dalam nat menggunakan roskam karet. Tunggu hingga pengisi nat kering, bersihkan sisa aplikasi dengan lap basah, dan rapikan dengan grout finisher.