HousingEstate, Jakarta - Fasilitas dan pusat gaya hidup urban bertambah lagi di kawasan Jakarta Selatan. Ini ditandai dengan beroperasinya AEON Mall Tanjung Barat di Southgate Residence pada Kamis, 18 November 2021. Southgate Residence adalah kawasan superblok seluas 5,4 ha yang dikembangkan Sinar Mas Land di Tanjung Barat. Peresmian mal tersebut dilakukan oleh Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin dan President Director AEON Mall Indonesia, Daisuko Isobe. Lokasinya persis berseberangan dengan Stasiun  kereta komuter Tanjung Barat, beberapa ratus meter dari koridor TB Simatupang dan tol JORR ruas Taman Mini-Ulujami. AEON Mall Tanjung Barat merupakan AEON keempat di kawasan Jabodetabek setelah AEON BSD City Serpong, AEON Mall Jakarta Garden City Cakung, dan AEON Mall Sentul City, Bogor.

CEO Retail & Hospitality Sinar Mas Land, Alphonzus Widjaja, menilai beroperasinya AEON Mall Tanjung Barat ini tepat  waktu. Yaitu mulai meningkatnya konsumsi rumah tangga dan  tren positif  menurunnya Covid-19. Mal ini diharapkan  dapat mendorong  perekonomian khususnya sektor ritel di di Jakarta.

Beroperasinya AEON Mall Tanjung Barat  ini melengkapi fasilitas yang ada di dalam kawasan superblock itu. Selain mal di dalamnya terdapat beberapa tower apartemen dan perkantoran.  Alphonzuz menjelaskan, dari 5,4 ha areanya 2,2 ha dimanfaatkan untuk ruang terbuka hijau. Huniannya yang diklaim sebagai eco-apartment dilengkapi  lintasan jogging track sepanjang 1 kilometer. Selain itu terdapat  beberapa taman tematik untuk mendukung aktifitas luar ruang, seperti terrace garden, forest garden, dan outdoor sitting area.

Hongky J Nantung, CEO Commercial National Sinar Mas Land mengungkapkan, proyek ini disiapkan sejak lama.  Sinar Mas Land (SML) fokus mengembangkan  proyek ini karena lokasinya strategis di Jakarta Selatan yang dikenal sebagai kiblat gaya hidup urban di Jakarta. “AEON Mall Tanjung Barat diharapkan  menjadi one-stop urban lifestyle complex di Jakarta Selatan yang menggabungkan kehidupan keluarga, pekerja, dan pelaku bisnis di satu tempat. Dalam jangka panjang ini akan menjadi faktor yang menarik bagi calon konsumen Southgate Residence,” katanya.

Southgate Residence memiliki tiga tower: Elegance, Prime, dan Altuera. Tower Elegance   mulai serah terima kepada konsumen dan sudah siap huni.  Lokasi Southgate dekat dengan area perkantoran di koridor TB Simatupang dan beberapa kampus, seperti Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Pancasila, Universitas Gunadarma dan Universitas Indonesia. Hunian tersebut juga mudah dijangkau karena dekat dengan akses tol JORR serta berada tepat di seberang stasiun komuter.

Hongky menyatakan,  saat ini waktu yang tepat untuk membeli hunian karena adanya  sejumlah stimulus di sektor properti seperti Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) hingga relaksasi Loan to Value (LTV) yang memungkinkan konsumen membeli hunian dengan uang muka 0%. Selain itu bunga bank saat ini  relatif rendah.  Apartemen Southgate Residence dibanderol  Rp1,1 – 6 miliar. “Hingga akhir Desember 2021 Southgate Residence menawarkan sejumlah promo  menarik di antaranya keringanan DP hingga 15%, free biaya KPA, voucher belanja AEON Mall, atau hadiah mobil,” terang Hongky.