HousingEstate, Jakarta - Pencapaian pembangunan rumah untuk masyarakat Indonesia  dalam program sejuta rumah terus mengalami peningkatan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat hingga akhir November 2021 ini jumlah rumah yang telah terbangun mencapai  931.592 unit di seluruh tanah air.

“Dengan capaian ini kami optimistis program sejuta rumah akan bisa tercapai karena masih ada beberapa minggu sebelum tahun 2021 ini berakhir. Setiap hari angka pembangunan perumahan masih terus masuk sehingga kami sangat optimistis pada akhir tahun nanti capaiannya bisa lebih dari satu juta unit,” ujar Khalawi Abdul Hamid, Dirjen Perumahan Kementerian PUPR dalam keterangannya yang diterima housingestate.id Rabu (8/12).

Program sejuta rumah merupakan salah satu program stategis nasional yang diluncurkan sejak tahun 2015  oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Program ini terus dikebut untuk mengejar kekurangan kebutuhan (backlog) perumahan yang sangat besar di Indonesia.

Dalam setiap kesempatan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga terus mendorong Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan  agar terus meningkatkan berkoordinasi dengan pihak pemerintah daerah guna mendorong pembangunan rumah serta berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan bidang perumahan di daerah.

Per November program pembangunan sejuta rumah yang telah berjalan enam tahun sudah tercapai  5.765.387 unit. Untuk tahun 2021 berdasarkan data Ditjen Perumahan  rumah untuk segmen masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang telah dibangun mencapai 743.712 unit sementara non MBR 187.880 unit.

Dari jumlah itu Kementerian PUPR sendiri telah membangun  131.150 unit hunian, dengan rincian menggunakan dana alokasi khusus (DAK) perumahan  22.288 unit, APBD provinsi dan kabupaten-kota  47.989 unit, perusahaan pengembang 516.927 unit, dana desa dan insentif daerah 6.058 unit, program CSR perumahan 6.653 unit, dan masyarakat 12.647 unit. Sementara itu rumah untuk non MBR yang dibangun perusahaan pengembang sebanyak 157.725 unit dan masyarakat 35.155 unit.

“Dengan tren yang baik ini kami sangat optimistis program sejuta rumah tahun ini bisa tercapai. Untuk itu kami terus mendorong semua pihak khususnya para pelaku pembangunan sektor perumahan untuk terus meningkatkan capaiannya sehingga makin banyak masyarakat yang terfasilitasi huniannya,” pungkas Khalawi.