HousingEstate, Jakarta - Nirwana Kharisma Group, pengembang Puri Nirwana Residences, Bekasi, Jawa Barat, akan membangun 1.500 rumah bersubsidi dengan skim Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) tahun ini. Pembangunan rumah rakyat sebanyak itu dilakukan karena permintaannya yang masih tinggi. “Backlog (akumulasi kekurangan pengadaan) rumah kita masih besar,” kata Dicky Saepurohman, Head Of Sales Puri Nirwana Residences, Bekasi, melalui keterangan tertulis, Senin (17/1/2022).

Karena itulah pemerintah menganggarkan subsidi FLPP tahun ini jauh lebih tinggi dibanding tahun lalu, mencapai Rp23 triliun untuk membiayai pemilikan 200 ribu unit rumah. “Kami siap mendukung target pengadaan rumah subsidi oleh pemerintah itu,” kata Rahmad Hadi, Asisten Direktur Nirwana Kharisma Group.

Nirwana Kharisma Group sudah mengembangkan banyak perumahan di berbagai kota seperti Surabaya, Balikpapan, Purwakarta, Cikampek, Karawang, Cikarang, Serpong, dan Jakarta. Di Cikarang, Bekasi, perusahaan developer itu mengembangkan antara lain Puri Nirwana Residences dan Puri Mutiara Indah. Sedangkan di kawasan sekitar Serpong antara lain Nirwana Hill Serpong. Penjualan rumah subsidi berkontribusi 80% terhadap pendapatan Nirwana Kharisma Group.

Untuk rumah bersubsidi seperti di Puri Nirwana Residences, developer menyebutkan, kualitas rumahnya memadai. Misalnya, dindingnya dari bata ringan, kusen dan atap baja ringan, dan septic tank menggunakan bata merah bergaransi lima tahun. “Jadi, kualitas rumah subsidi di proyek kami  tak ada bedanya dengan rumah seharga Rp300 juta atau Rp400 juta,” ujar Luthfa Septiadarma, Project Manager Puri Nirwana Residences.

Perumahan akan dilengkapi lapangan futsal, SPBU, dan taman bermain, melengkapi fasilitas yang sudah ada seperti ATM center, waterpark, rumah ibadah, sekolah, danau wisata, pusat kuliner, pasar tradisional, dan pasar modern.

Di Kabupaten Bekasi, Nirwana Kharisma Group menguasai lahan sekitar 160 ha, yang dikembangkan menjadi perumahan Puri Nirwana Residences di Jl KI Hajar Dewantara, Tugu Pilar, Sukaraya, Karangbahagia, dan Puri Mutiara Indah di Karangraharja, Cikarang Utara.

Dua perumahan itu layak menjadi pilihan pekerja di berbagai manufaktur yang ada di kawasan-kawasan industri di Bekasi, seperti MM 2100, Kota Jababeka, Delta Silicon, EJIP, Hyundai, Delta Silicon, KIIC, dan Greenland, selain para pekerja yang bergiat di Jakarta. Lokasi perumahan mudah diakses dari stasiun commuterline Cikarang dan Lemah Abang, selain dekat dengan pintu tol dan terminal Cikarang.